Bupati Kendal Kukuhkan Paguyuban Kades Bahurekso Periode 2021-2024

Kendal, PONTAS.ID – Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengukuhkan pengurus Paguyuban Kepala Desa Masa Bhakti 2021-2024 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal Kabupaten Kendal Jawa Tengah Selasa (14/9/2021).

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi mengucapkan selamat kepada Pengurus Peguyuban Kepala Desa Bahurekso Kabupaten Kendal yang baru saja dilantik dengan masa bhakti 2021-2024.

“Saya berharap, semoga amanah yang telah dipercayakan kepada saudara, dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab terhadap pembangunan desa dan kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.

Menurut Bupati Dico, keberadaan Paguyuban Kepala Desa wajib bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk bersama-sama bergerak membangun Kabupaten Kendal. “Semua pembangunan yang ada di Desa harus dapat bersinergi dan mendukung berbagai program-program yang menjadi Visi-Misi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kendal, termasuk program bantuan dusun,” tambahnya.

Bupati kembali mengingatkan, bahwa permasalahan sampah, terutama sampah plastik sudah sangat mengganggu lingkungan dan kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Dampak sampah plastik sangat serius karena sampah plastik merupakan bahan yang tidak mudah terurai secara alami sampai ratusan tahun sehingga dapat mencemari dan merusak ekosistem tanah dan air. Untuk itu, mari bersama-sama kita kurangi sampah plastik yang ada di Kabupaten Kendal,” ujar Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Selain itu, Bupati Dico mendorong semua Kepala Desa di Kendal yang belum memiliki Badan Usaha Desa (Bumdes) untuk secepatnya bisa membangun, dan yang sudah memiliki Bumdes agar dapat dikelola dengan sebaik-baiknya, karena dengan Bumdes perekonomian masyarakat akan meningkat. “Maka, dengan kreasi dan kreatifitas masyarakat melalui Bumdes akan mencerminkan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan ekonomi masyarakat pun meningkat,” tutur Bupati.

Bupati Dico juga tak lupa mengucapkan terima kepada para Kades yang sudah bersinegi dalam penanganan virus Covid-19 di Kabupaten Kendal, yang mana sekarang telah membuahkan hasil PPKM turun menjadi level 2.

“Diharapkan jangan lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan, sebagai upaya menyelamatkan diri secara pribadi, keluarga dan seluruh masyarakat dari bahaya penyebaran virus covid-19,” terang Bupati.

Sementara Ketua Paguyuban Kades, Abdul Malik dalam sambutannya mengatakan Keberadaan Paguyuban Kades bisa memberikan manfaat untuk mendukung visi-misi Bupati Kendal dan Wakil Bupati Kendal. “Paguyuban Kades Bahurekso Kendal siap mendukung program pemerintah dalam Penanganan sampah plastik di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Kata Malik, selain menjadi wadah para Kades, Paguyuban Kades juga memiliki visi-misi untuk membangun Kabupaten Kendal lebih baik lagi dan pihaknya siap menjalankan apa yang menjadi Program pemerintah Kabupaten Kendal.

“Seperti mensosilisasikan gerakan anti sampah untuk menjaga lingkungan, dan mendorong mengelola BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” tutup Malik.

Dalam acara ini, ada 70 orang pengurus Paguyuban Kades Bahurekso Kendal yang dinakhodai oleh Abdul Malik dikukuhkan secara langsung oleh Bupati Kendal.

Turut hadir, Wakil Bupati Kendal H Windu Suko Basuki, Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun, Forkopimda Kendal, dan para pengurus paguyuban tingkat kecamatan.

Penulis: Prawoto
Editor: Ahmad Rahmansyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here