OTT Bupati Probolinggo, LPPI Apresiasi Kinerja Firli Bahuri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri

Jakarta, PONTAS.ID – Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia (LPPI) mengapresiasi kinerja KPK yang di nahkodai oleh ketua KPK Firli Bahuri. Apresiasi ini menyusul operasi tangkap tangan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin yang diketahui merupakan Anggota DPR RI pada Senin (30/8/2021) dini hari.

“Sejak awal kami melihat keseriusan Ketua KPK Firli Bahuri dalam melakukan penindakan korupsi dinIndonesia tidak main main salah satu dibuktikan melakukan OTT pada Bupati Probolinggo,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat LPPI, Dedi Siregar dalam keterangan resminya, Selasa (31/8/2021).

Selain itu KPK kata Dedi juga telah berhasil menyelamatkan keuangan negara dan daerah, menyelamatkan potensi kerugian negara, dalam kurun tahun 2020 melalui program-program pencegahan. Nilai tersebut berasal dari upaya pemulihan, penertiban dan optimalisasi aset sebesar Rp. 592,4 triliun.

Kemudian Rekomendasi KPK kepada Menteri Sosial terkait penggabungan 3 basis data, yaitu data keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berhasil mencegah timbulnya data ganda penerima bantuan.

“Peningkatan penegakan hukum korupsi melalui persentase pidana badan, denda ranpasan, dan uang pengganti serta melalui jumlah perkara TPK melalui TPPU dan korporasi. Sejauh ini kami menilai KPK menjadi lembaga yang paling produktif dalam penanganan perkara pidana korupsi,” bebernya.

Dalam penanganan perkara KPK tidak hanya fokus pada kuantitas jumlah perkara yang ditangani, namun kami lebih mendorong atau mengedepankan pada kualitas perkara melalui case building dan optimalisasi pengembalian kerugian negara melalui TPPU.

?Atas dasar itulah maka kami menilai prestasi KPK di bawah Firli Bahuri patutlah diapresiasi termasuk dalam melakukan OTT Bupati Purbalinggo dan penyelamatan aset serta menyelamatkan keuangan negara yang tentu saja ini sebuah prestasi yang harus di apresiasi,” tutupnya.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleHUT Ke-76, Pengamat: DPR Harus Terus Belajar Mendengar Aspirasi
Next articleHambatan Menghadang, Perlu Gerakan untuk Tingkatkan Peran Perempuan di Bidang Politik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here