Rayakan HUT RI ke-76, Begini Pesan Jokowi

Jakarta, PONTAS.ID – Dalam rangka merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76, Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk saling bekerjasama dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Jokowi dalam laman resmi instagramnya yang dilihat PONTAS.id, Selasa (17/8/21).

“Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, bisa kita capai dengan bahu-membahu, saling bergandeng tangan, dan bergotong-royong dalam satu tujuan. Tangguh dalam menghadapi pandemi, tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” ucap Jokowi.

Jokowi berharap agar bangsa Indonesia terus tumbuh menjadi bangsa yang tangguh dan dipermudah oleh tuhan dalam menggapai segala cita-cita bangsa.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridai dan mempermudah upaya bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!” Tutup Jokowi.

Sebagai informasi, saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (17/8/2021). Presiden memilih untuk mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung. Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Di luarnya, dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut. Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo terlihat mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Ia juga terlihat memakai masker berwarna putih seperti yang dikenakan oleh Presiden Jokowi.

Protokol Kesehatan

Prosesi Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI kali ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu diterapkan demi memutus mata rantai Covid-19.

Pihak peserta yang mengikuti upacara wajib mengenakan masker dan menjaga jarak, bahkan jumlah para peserta atau perangkat upacara sangat terbatas. Namun demikian masyarakat dan tamu undangan tetap bisa mengikuti prosesi upacara secara virtual.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMPR Serukan Persatuan Umat Merawat Kemerdekaan RI
Next articleHUT RI Ke-76, Anies Ajak Warga Berjuang Bersama Lawan Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here