Lantik Pejabat JPT dan Administrator, Bupati Sergai Amanati 6 Hal ini

Sergai, PONTAS.ID – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan melantik 6 Pejabat dengan Jabatan Tinggi Pratama (JPT) dan 12 Administrator di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati, Seirampah, Senin (05/07/2021).

Darma menyampaikan, mutasi dan rotasi jabatan dalam suatu organisasi pemerintahan adalah hal yang lumrah dilaksanakan dan merupakan kebutuhan organisasi sebagai upaya untuk menempatkan aparatur yang mempunyai kompetensi, semangat bekerja dan loyalitas.

“Serta memberikan penyegaran di lini-lini strategis untuk mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Sergai dalam mewujudkan visi Mandiri, Sejahtera dan religius,” Bupati Sergai.

Darma memaparkan, proses pengisian JPT dilaksanakan melalui mekanisme seleksi terbuka, telah mendapat rekomendasi dari komisi aparatur sipil negara (KASN) nomor B-1994/KASN/2021 Tanggal 31 Mei tentang persetujuan pengangkatan dan pelantikan JPT di lingkungan Pemkab Sergai.

Sedangkan proses mutasi dan rotasi jabatan administrator, lanjut Darma, telah dikonsultasikan sebelumnya pada Kementerian Dalam Negeri sebagai wujud amanat pasal 162 ayat 3 undang-undang nomor 10 tahun 2016. “Yang mengesahkan, bahwa Bupati atau Walikota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah kabupaten /kota dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan dari menteri,” paparnya.

Selain itu, Bupati juga memberikan selamat kepada pejabat JPT dan Administrator di lingkungan Pemkab Sergai yang baru saja dilantik. “Kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada saudara-saudari sekalian benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” tuturnya.

“Hal ini penting untuk dipahami dan dijiwai. Karena, konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada bangsa dan negara serta masyarakat Sergai. Akan tetapi lebih dari itu, dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Bupati.

Bupati menambahkan, saudara diminta mengeluarkan seluruh potensi dan kemampuan yang ada untuk mendukung Pemkab Sergai dalam menjaga stabilitas politik daerah dan melaksanakan kebijakan penanganan pandemi sesuai arahan pemerintah pusat. “Sekaligus melakukan langkah-langkah strategis dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat khususnya UMKM atau segmen menengah ke bawah untuk bisa maju terus,” imbuhnya.

Bupati Sergai berharap agar mereka dapat mengoptimalkan peranannya dalam pelaksanaan tupoksi yang telah diamanatkan dengan sebaik-baiknya. “sekalilagi saya tegaskan kiranya jabatan yang dipercayakan kepada saudara jangan sampai disalahgunakan melainkan dijalankan dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab,” tegasnya.

Bupati Sergai menyampaikan enam pesan penting pada para pejabat yang baru dilantik. Diantaranya, visi Maju Terus, Adaptasi dan kenali Tupoksi, Menggali Potensi, Percepat Pencapaian Target, Efesiensi dalam penggunaan anggaran dengan memprioritaskan program kegiatan yang berkontribusi langsung pada pencapaian target target kinerja.

“Terakhir kepada tim penilai kinerja saya tugaskan, untuk memantau secara khusus kinerja JPT Pratama dan Administrator yang baru saja dilantik dan melakukan evaluasi atas kinerja 3 bulan pertama dan melaporkan kepada saya,” tandasnya.

Sebagai informasi, rincian JPT Pratama yang dilantik adalah, Suwanto Nasution sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Sofyan Suri sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), M. Kahar Efendi sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dedy Iskandar sebagai kepala Dinas Pertanian, Arianto sebagai Kepala Dinas Sosial dan terakhir Elinda Sitianur sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Selanjutnya, untuk jabatan Administrator, Raden Cici Sistiansyah sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Sergai, Jalinar Simanjuntak sebagai Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Tri Budi Utama Nasution sebagai Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Sergai, Efraim Barus sebagai Kepala Bidang Peralatan dan Pengendalian Mutu Dinas PUPR, Syahriati Lubis sebagai Sekretaris Dinas Sosial.

Kemudian, Sariful Azhar sebagai Sekretaris Dinas PMD, Abdi Rasoki Pulungan sebagai Sekretaris Inspektorat, Gidion Tarigan sebagai Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset, Muryani sebagai Camat Serbajadi, Mariadi sebagai Sekretaris Kecamatan Serbajadi, Roy Luther Sipayung sebagai Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan terakhir Maslina Rotia Sagala sebagai Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Ahmad Rahmansyah.

Previous articleKetua DPD Ingatkan Limbah Infeksius Covid-19 Tak Dibuang Sembarangan
Next articleRS Tak Mampu Tampung Pasien, DPR Minta Kemenkes Tambah Kapasitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here