Isu Prabowo-Airlangga Maju Pilpres 2024, Golkar: Sah-sah Saja Bila Cocok

Jakarta, PONTAS.ID – Jelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, konstalasi politik nasional mulai menghangat.

Sejumlah pengamat politik mulai memetakan siapa saja tokoh nasional mulai disandingkan seperti Anies Baswedan dan Puan Maharani hingga Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Namun, kali ini muncul sebuah wacana baru yakni ada yang coba memasangkan sosok Prabowo Subianto bersama Airlangga Hartarto untuk meramaikan peta Pilpres mendatang.

Menanggapi hal itu, Politikus senior Golkar, Firman Soebagyo menilai sah-sah saja jika ada yang berpendapat bila Prabowo cocok dengan Airlangga.Politik itu dinamis dan perlu proses dan ini waktunya juga masih panjang.

Dan dalam percaturan  politik itu kemungkinan kemungkinan itu selalu ada.

“Saya rasa kemungkinan-kemungkinan itu bisa saja terjadi karena ini kan untuk pasangan pemimpin nasional.seperti yang selalu saya sampaikan harus sosok mempunyai kapasitas, kapabilitas, integritas.Untuk terpilih harus memiliki popularitas dan elektabilitas,” kata Firman di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

“Tetapi untuk mencari sosok-sosok ini kan harus ada keputusan politik dimasing masing internal partai.Harus ada kajian dan analisis kira kira untuk kedepan dibutuhkan pemimpin yang seperti apa,ujarnya.

Firman berpendapat, kalau melihat kondisi indonesia saad tidak terlepas dari persoalan ekonomi menjadi persoalan yg serius menghadapi saad dan pasca pandemi .Kalau bicara recover ekonomi ini, menjadi persoalan yg serius dan pekerjaan rumah yg paling berat dan tdk bisa diselesaikan dalam waktu yg singkat.

Sudah memasuki tahun ke dua pandemi covid-19 ini bisa mengubah situasi dan peradaban perekonomian dunia. Oleh karena itu, kalau kita lihat sosok Airlangga mempunyai kapasitas itu,” ujar anggota DPR RI ini.

Apalagi, kata Firman, kepiawaiannya Airlangga di pemerintahan maupun cukup lama mjd aggouta DPR, pengalaman sebagai birokrat sebagai menteri perindustrian kemudian menjadi menko perekonomian dimasa sulit spt ini  menjadi point tersendiri.

Selanjutnya jika melihat masalah pertahanan dan keamanan yang dianggap lemah butuh figur mampu mengusai betul tentang strategi pertahanan dan keamanan negara. Tentang pertahanan dan keamanan negara Prabowo tdk perlu diragukan lagi.

Apalagi posisinya, saat ini sebagai menteri pertahanan dan keamanan seperti yang disampaikan okeh para pengamat sosok Prabowo adalah seorang Letnan Jenderal (Letjen) dengan pengalaman lapangan luas sesuai bidangnya adalah sosok yg tepat.Tinggal keputusan politiknya siapa yg akan jadi calon presiden dan wakil predidennya.

Oleh karena itu jika prediksi dan wacana pengamat jika duet  (Prabowo-Airlangga) ini terjadi maka sangat tepat dan terbuka kemungkinan karena sama sama sosok yang mumpuni sesuai bidangnya.

“Jadi, kalau ada pengamat coba mendesain itu saya pikir sah-sah saja karena pengamat punya hak  dan bisa dipertanggung jawabkan baik moral maupun kapasitas sebagai pengamat punya hitung-hitungan tersendiri asal demi kepentingan bangsa dan negara yang baik saya rasa dunia politik itu semuanya serba selalu ada,” tegas Anggota Baleg DPR ini.

Sebelumnya, Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai sah-sah saja jika kedua tokoh politik nasional ini sekiranya bisa berdampingan untuk maju bersama pada pesta demokrasi mendatang diajang Pilpres.

Menurut Pangi, baik Prabowo maupun Airlangga adalah sama-sama ketua umum parpol yang notabennya adalah pemilik tiket otomatis untuk maju di Pilpres 2024.

“Sangat dinamis dan mungkin saja terjadi (Prabowo-Airlangga red). Karena merek seorang ketum parpol serta punya otoritas tiket jika mau maju di Pilpres. Apalagi jika melihat pencapain PT untuk Pemilu baik Golkar maupun Gerindra sudah bisa melewati ambang batas 20 PT persen,” kata Pangi menanggapi wacana tersebut kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here