Permudah Pelayanan Dukcapil, Bupati Sergai Luncurkan ‘Bakso Urat’

Sergai,  PONTAS.ID – Bupati Sergai Darma Wijaya bersama pasangannya Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, terus melakukan berbagai gebrakan dan program perubahan jelang 100 hari masa kepemimpinan keduanya.

Terkini, Bupati dan Wakil Bupati Sergai meluncurkan aplikasi yang diberi nama Buat Administrasi Kependudukan Secara Online Untuk Rakyat (Bakso Urat), yang dilaksanakan di Wisma Juang, Perbaungan, Senin (31/05/2021) siang.

Aplikasi ini akan jadi wadah pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sergai.

Dalam peluncuran itu, Bupati Darma Wijaya menekankan pentingnya mempermudah masyarakat dalam proses pelayanan publik, terutama dalam pembuatan berkas-berkas kependudukan.

Lewat aplikasi ini kata Darma,  layanan yang sebelumnya bersifat manual dan memakan waktu, kini dapat dipersingkat melalui pemaksimalan Information Technology (IT).

Pasalnya, warga dari Silinda dan Kotari mesti datang jauh-jauh untuk mengurus berkas kependudukan ke Sei Rampah, karena pelayanan terpusat di Disdukcapil.

“Di 100 hari masa kepemimpinan saya dan Pak Adlin, kami ingin agar masyarakat tidak lagi mesti disulitkan dengan kendala jarak yang jauh,” katanya.

Selain masalah efisiensi jarak, Bupati juga menyinggung perihal pungutan liar dan calo dalam proses pembuatan dokumen kependudukan.

Dirinya dengan tegas meminta agar kedua hal negatif tersebut dibersihkan dalam proses pelayanan Disdukcapil.

“Ini harus ditekankan kepada para anggota atau petugas, supaya menerapkan pelayanan yang bebas calo, bebas pungutan liar,” tegasnya Darma.

Darma menambahkan, tidak cuma di Disdukcapil, tapi pelayanan masyarakat yang bersih dan bebas biaya juga harus dilakukan di tingkat kecamatan.

“Kami tidak mau menerima laporan dari masyarakat kalau mengurus berkas kependudukan itu dimintai biaya,” tambah Bupati.

Darma Wijaya juga menyampaikan, dalam rentang waktu 100 hari masa kerja pasangan “Dambaan”, sudah dilakukan berbagai gebrakan penting di beberapa bidang utama.

Misalnya saja, beberapa waktu yang lalu sudah direkrut dan ditugaskan para tenaga kebersihan yang dinamakan “Pasukan Merah”.

“Tenaga kebersihan ini diisi orang-orang berani dan kompeten yang akan bertanggung jawab dalam menata kebersihan daerah kita,” jelasnya.

Selain itu, Bupati mengungkapkan, bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), meluncurkan program zakat dan infaq yang menyasar para Aparatur Sipil Negara (ASN), kemudian dana yang diperoleh akan disalurkan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan.

“Kedepannya kita juga berencana menghadirkan Mall Pelayanan Publik,” terangnya.

Darma juga menegaskan, perlunya memperkuat kerja sama dan sinergitas yang tentu akan sangat berpengaruh di tengah situasi tantangan pandemi yang sedang dihadapi.

“Sekali lagi perlu diingat, eksistensi kita adalah sebagai pelayan masyarakat, bukan malah yang dilayani,” tegas Bupati.

Sebagai informasi, Bupati dan Wabup juga menerapkan penggunaan aplikasi ini di 5 kecamatan, untuk memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan.

Adapun 5 titik simpul tersebut yaitu, Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kecamatan Dolok Merawan dan Kecamatan Serbajadi.

Dalam acara peluncuran aplikasi ini juga dihadiri oleh Sekdakab M. Faisal Hasrimy, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Rosmaida, para Asisiten, Kepala OPD, Camat Serta Kepala desa  di lima Kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here