DPRD Dukung Relokasi Pemukiman Rawan Banjir di Kecamatan Satui

Tanah Bumbu, PONTAS.ID – Anggota DPRD Tanah Bumbu Fahabisah Mahabatan mendukung wacana Pemerintah Kabupaten merelokasi pemukiman rawan banjir di Kecamatan Satui. Bahkan, rencananya Bupati mewacanakan pembangunan bendungan Kusan, untuk mencegah bencana banjir yang menjadi langganan di daerah ini.

“Sesuai tupoksi kami. Legislatif siap membuat regulasi untuk mendukung program ini. Kemudian fungsi penganggaran juga bisa kami dorong, serta untuk pengawasan nantinya akan dikawal program ini sampai terealisasi,” tegas Fahabisah, Jumat (21/5/2021).

Sebelumnya, saat peninjauan posko banjir pertama di Kecamatan Satui, Bupati Tanah Bumbu Dokter Zairullah Azhar menawarkan relokasi bagi warga yang permukimannya rawan bencana banjir. “Akan kita bangun bendungan Kusan, untuk mencegah banjir di daerah ini,” katanya.

Diketahui, setelah banjir kembali menerjang kecamatan Satui sejak Kamis (20/5/202) kemarin, hingga Jumat (21/5/2021) air masih merendam ribuan rumah warga di dua desa, yakni Sinar Bulan dan Sungai Danau.

Akibatnya ratusan warga harus bolak balik ke pengungsian ketika banjir melanda pemukiman mereka. Mereka ingin menjalani hidup yang normal tanpa menghadapi banjir yang tak ada habisnya.

Meski ditempat pengungsian kebutuhan mereka seperti makanan, pengobatan dan keperluan lainnya diakomodir. Mereka tetap merasakan ketidaknyamanan. Karena harus tinggal diluar rumahnya.

Mereka mengaku bersedia untuk direlokasi jika ditawarkan oleh pemerintah daerah. Seperti yang diutarakan warga RT 02 Desa Sinar Bulan bernama Anti, bersama keluarga besarnya memang sudah lama punya hajat untuk meninggalkan tempat tinggalnya saat ini yang kerap dilanda banjir.

“Ingin pindah dari rumah. Tetapi belum punya uang karena modalnya besar. Kami mau jual rumah juga belum laku. Kalau memang ada program relokasi dari Pemda kami siap,” ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan warga Desa Sungai Danau Ruslian yang dengan lapang dada akan pindah ke lokasi baru dalam program relokasi. “Iya kami siap pindah jika memang benar akan direlokasi pemerintah daerah,” katanya.

Sebagai informasi, ratusan warga terdampak banjir ini dievakuasi ke posko pengungsian di sejumlah titik. Satu diantaranya di Gedung Majelis Taklim Sungai Danau. peristiwa banjir ini merupakan yang kedua kalinya dalam sepekan terakhir.

Penulis: Zainal Hakim
Editor: Ahmad Rahmansyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here