Kilang Balongan Terbakar, DPR Desak Pertamina Segera Investigasi

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, meminta PT Pertamina (Persero) untuk dapat segera melakukan investigasi dan memastikan ketersediaan stok keamanan dari Bahan Bakar Minyak (BBM) pasca-kebakaran hebat yang melanda kilang minyak PT Pertamina  Refinery Unit (RU) VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari tadi.

“Pertamina harus memastikan agar masyarakat tidak mengalami kelangakaan BBM dan segera memfokuskan penyebab terjadinya kebakaran tersebut apakah akibat kalalaian human error atau memang murni kesalahan secara tekhnis, bagaimana proses pengawasan yang dilakukan dan monitoring keamanan di lapangan,” kata Azis Syamsuddin, Senin (29/3/2021).

Lebih lanjut, Azis Syamsuddin mengharapkan agar Pertamina dapat memastikan keamanan masyarakat yang tinggal dekat wilayah kilang minyak tersebut dan dampak kerusakan lingkungan yang terjadi pasca ledakan kilang minyak balongan terhadap keberlanjutan ekosistem di sekitar lingkungan.

“Pertamina harus melihat dampak lingkungan yang terjadi terhadap masyarakat sekitar pasca-ledakan, apakah berbahaya atau tidak. Jangan sampai ada bahan berbahaya dan beracun yang berdampak pada lingkungan sekitar yang dapat membahayakan keselamatan dan kehidupan masyarakat lingkungan sekitar,” ujarnya.

Penulis: Riana

Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here