Tangkap Pelanggar Lalu Lintas, Polres Kendal Terapkan E-TLE

Kendal, PONTAS.ID – Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE ) di dua titik lokasi.

Hal ini disampaikannya usai mengikuti launching E-TLE tahap pertama yang digelar secara virtual di Aula Mapolres Kendal Jawa Tengah pada hari Selasa (23/03/2021).

“Untuk Kamera yang diposisikan secara stasioner berada di Ketapang dan Cepiring. Bahkan anggota kami juga dilengkapi dengan kamera portable yang berguna untuk merekam kejadian maupun pelanggaran di jalan saat melakukan patroli,” jelas Kapolres Kendal.

Saat ini proses tilang dilakukan secera elektronik dan denda pun akan dikirim melalui surat maupun via pesan (SMS). Petugas tidak lagi melakukan penghentian kendaraan untuk memberikan surat tilang, terutama bagi wilayah yang mencakup kamera pengawas E-TLE.

“Sedangkan untuk petugas patroli yang mengenakan kamera portable, jika terdapat pengendara yang melanggar, maka petugas akan menghampiri kemudian memberitahu jika pengendara melakukan pelanggaran dan akan dikonfirmasi melalui surat tilang yang dikirim ke rumah,” tandasnya

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengapresiasi penerapan E-TLE yang dinilai sangat baik bagi pengendara agar mematuhi peraturan. Sebab denda dan bukti pelanggaran sudah jelas terekam oleh kamera.

“Penerapan E-TLE sangatlah baik, bukti pelanggaran pun juga terlihat jadi pelanggar tidak bisa mengelak, apalagi surat tilang juga langsung dikirimkan. Kemajuan teknologi memang sangat baik dan ini juga bisa menjadikan Kendal sebagai Smart City,” tukas Wakil Bupati Kendal

Penulis : Prawoto
Editor : Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here