Pakai Kostum Badut, Polres Kendal Ajak Masyarakat Taat Prokes dan Lalulintas

Kendal, PONTAS.ID – Jajaran Polres Kendal menggelar Operasi Zebra Candi 2021 di Perempatan Masjid Agung Kendal Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021). Namun, Operasi Zebra kali ini agak sedikit unik, saat mensosialisasikan masyarakat jajaran Polres Kendal mengenakan kostum Badut.

Hal ini dilakukan untuk mengajak warga agar peduli dengan protokol kesehatan dan keselamatan berlalu lintas.

“Dengan membawa poster bertuliskan imbauan tertib lalu lintas dan protokol kesehatan, petugas berdiri di pinggir jalan sembari membagikan stiker dan bunga kepada pengguna jalan,” kata Kasatlantas Polres Kendal, AKP Ilham Safrianto Sakti di lokasi.

Kata Ilham, dalam Operasi Zebra ini, tidak ada denda atau tilang bagi pelanggar lalu lintas dan prokes ini. Petugas meminta pelanggar mengenakan pakaian badut polisi dan ikut memberikan imbauan kepada pengguna jalan.

“Operasi Zebra Candi 2021 kali ini lebih unik dan inovasi. Sasarannya adalah pendisiplinan protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas. Kita memberikan sanksi yang unik bagi pelanggar menggunakan pakaian badut dan menertibkan pelanggar lainnya,” jelasnya.

Harapannya, dengan cara ini masyarakat lebih peduli dan berani mengingatkan kepada pelanggar prokes dan tidak tertib lalu lintas agar tidak melanggar.

Sementara Warsito pelanggar prokes yang dihentikan petugas mengaku kaget.

“Saya kaget tadi dihentikan petugas Satlantas Polres Kendal karena lupa tidak pakai masker. Kirain disuruh bersihkan sampah, tapi malah disuruh pakai pakaian badut polisi dan ikut menegur pelanggar lain,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Satlantas Polres Kendal juga menampilkan karakter dalam film Squid Game dengan harapan warga masyarakat lebih mudah mencerna pesan-pesan tertib lalu lintas dan prokes.

Sementara petugas lainnya menghentikan pengguna jalan yang tidak patuh prokes dan melanggar lalu lintas. Pelanggar dihentikan dan diberi peringatan, untuk tidak mengulangi kesalahan.

Penulis: Prawoto
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleGenjot PAD, DPRD Kabupaten Malang Minta OPD Gandeng Pengusaha
Next articleKapolda Sumut dan Kasdam I/BB Tinjau Pilkades Serentak di Taput

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here