BSI Masuk Jajaran 10 Besar Emiten dengan Kapitalis Pasar Terbesar

Bank Syariah Indonesia
Bank Syariah Indonesia

Jakarta, PONTAS.ID – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) masuk dalam jajaran 10 emiten dengan kapitalisasi pasar atau market capitalization terbesar di Bursa Efek Indonesia ( BEI).

Kapitalisasi pasar merupakan nilai pasar dari hasil perkalian harga saham per lembar dengan jumlah saham yang ada dalam perusahaan.

Berdasarkan data dari Equity Daily Trading Publication BEI, nilai kapitalisasi pasar BRIS sebesar Rp 115 triliun. Angka kapitalisasi pasar ini mengalami kenaikan dibandingkan pada saat BRIS melakukan IPO sebesar Rp 4,96 triliun.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi berharap dengan masuknya BSI sebagai 10 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar BEI, bisa menjadikan saham BRIS primadona.

“Selain itu kami berharap prestasi ini semakin mendorong dan menginspirasi sektor keuangan dan perusahaan keuangan syariah untuk melantai di bursa,” kata Hery Gunardi, dalam siaran pers, Kamis (25/2/2021).

Pada penutupan perdagangan kemarin, harga saham BRIS Rp 2.820 naik 1,08 persen dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 2.790.

Hery mengatakan, sebagai bank hasil penggabungan tiga bank syariah milik Himbara, BSI merupakan bank dengan total aset terbesar ke-7 di Indonesia yaitu sebesar Rp 240 triliun. Total pembiayaan Bank BSI sampai Desember 2020 mencapai Rp 157 triliun dengan total DPK sebesar Rp 210 triliun.

Dari sisi jaringan, BSI didukung oleh lebih dari 1.300 jaringan kantor, sekitar 2.400 jaringan ATM, serta didukung lebih dari 20.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun, komposisi pemegang saham Bank Syariah Indonesia saat ini adalah adalah PT Bank Mandiri (Persero) (BMRI) 50,95 persen, PT Bank Negara Indonesia (Persero) (BNI) 24,91 persesn, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BBRI) 17,29 persen, DPLK BRI 1,83 persen, BNI Life Insurance 0,01 persen dan Public 5,01 persen.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Stevany

Previous articleKetua MPR Apresiasi Kesiapan Pertamina Songsong Migrasi Kendaraan Konvesional ke Listrik 
Next articlePLN Penuhi Kebutuhan Listrik KA Trans Sulawesi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here