Dorong Peningkatan Ekonomi Petani Bi-ih, Ketua DPRD Banjar Lakukan Ini

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Ketua DPRD Banjar, Muhammad Rofiqi, melakukan inisiasi ke Pemkab Banjar segera memperbaiki beberapa ruas jalan di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, untuk mendorong peningkatan ekonomi petani setempat.

“Jalan di Desa Bi-ih kecamatan Karang Intan, kita minta dinas PUPR setempat untuk segera memperbaiki tahun ini. Jalan ini merupakan jalan penunjang petani padi dan petani karet membawa hasil produksi,” terang dia, saat melakukan pengukuran jalan di RT 4 Desa Bi-ih, Kecamatan Karang Intan, Rabu (17/2/2021).

Dikatakan Rofiqi, jalan di Desa Bi-ih masih banyak yang dalam kondisi perkerasan batu dan belum beraspal.

“Padahal, Desa Bi-ih ini juga merupakan destinasi wisata saat musim buah durian. Jadi, sangat penting kalau jalannya mulus karena didatangi warga dari luar desa setempat, bahkan wisatawan asal luar kabupaten dan provinsi,” kata politikus muda asal Partai Gerindra ini.

Apalagi, sambung dia, jalan sepanjang 1.400 meter di RT 4 Desa Bi-ih yang rencananya dilakukan pengaspalan tahun ini, puluhan tahun belum pernah dirasakan warga setempat dalam kondisi mulus beraspal.

“Dari puluhan tahun lalu hanya perkerasan batu gunung. Padahal, jalan ini digunakan warga sebagai akses utama mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan,” sambung dia.

Persoalan akses itu sangat berpengaruh besar terhadap harga dan pendapatan hasil produksi pertanian dan perkebunan warga.

“Pembeli hasil karet misalnya, tentu akan menurunkan harga beli ke petani dengan alasan sulit mengangkut lantaran jalan rusak,” contoh dia.

Dijanjikan dia, akan terus mendorong pemerintah daerah setempat untuk memperbaiki jalan-jalan di kecamatan Karang Intan agar semuanya mulus beraspal dan nyaman dilintasi, terlebih jalan penunjang ekonomi petani.

“Harapan kita, dengan jalan di kecamatan Karang Intan semuanya mulus beraspal, akan berdampak signifikan terhadap ekonomi warga petani setempat,” harap dia.

Selain melakukan pengukuran jalan RT 4 Desa Bi-ih, Kecamatan Karang Intan untuk segera diperbaiki, Ketua DPRD Banjar juga memboyong puluhan paket sembako untuk dibagikan ke warga setempat.

Penulis: Mohammad Apriani

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here