DPR Apresiasi BPOM Perbolehkan Lansia Terima Vaksin Covid-19

Ilustrasi Lansia Menerima Vaksin
Ilustrasi Lansia Menerima Vaksin

Jakarta, PONTAS.ID – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat/Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Sinovac usai memastikan keamanan vaksin Sinovac untuk diberikan kepada kelompok lanjut usia (lansia) berdasarkan uji klinis di Cina dan Brazil untuk lansia. Pemerintah pun mulai melakukan vaksinasi tenaga kesehatan lansia hari ini.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengapresiasi diterbitkannya izin penggunaan darurat untuk vaksinasi kelompok lansia, dirinya menilai kelompok tersebut adalah yang paling rentan terpapar virus dengan tingkat kematian mencapai 50 persen.

“Tersedianya vaksin untuk lansia diharapkan dapat melindungi lansia dari terinfeksi virus Corona. Pemerintah harus dapat menetapkan batasan aman kelompok lansia yang boleh menerima vaksin Covid-19 sesuai dengan batasan umur kelompok lansia yang ikut dalam uji klinis vaksin di Cina dan Brazil dan memastikan lansia yang diberikan vaksin Covid-19 adalah lansia yang berada di rentang umur tersebut untuk meminimalisir dampak vaksin terhadap lansia,” katanya di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Wakil Ketua Umum Golkar itu mendorong Pemerintah bersama BPOM melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara masif mengenai efektivitas dan efikasi vaksin Covid 19 untuk para lansia, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang umum terjadi usai lansia disuntikan, serta kriteria lansia yang akan divaksinasi.

“Sosialisasi sangat penting dilakukan guna mencegah terjadinya disinformasi di tengah masyarakat atau maraknya hoaks mengenai vaksin, sehingga masyarakat mendapatkan¬† informasi yang benar dan resmi dari Pemerintah serta mendorong masyarakat kelompok lansia untuk tidak ragu dan takut divaksinasi Covid 19,” tegasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here