Tinjau Danau Toba Bersama Wagub Sumut, DPR Harap Pariwisata Bangkit

Azis Syamsuddin bersama Wagub Sumut Musa Rajekshah Tinjau Destinasi Danau Toba
Azis Syamsuddin bersama Wagub Sumut Musa Rajekshah Tinjau Destinasi Danau Toba

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah meninjau destinasi Pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terdampak pandemi Covid 19.

“Dampak pandemi di sini sangat berimbas dan signifikan terhadap penurunan pendapatan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kecil serta masyarakat sekitar Danau Toba. Saya bersama Wagub Sumut dan Anggota Golkar ingin melihat secara langsung kondisi masyarakat sekitar untuk dapat memberikan optimisme dan mendengar secara langsung keluhan masyarakat sekitar,” kata Azis di sela-sela kunjungan ke Danau Toba, Selasa (2/2/2021).

Politikus Golkar itu menjelaskan Pariwisata merupakan penyumbang devisa negara yang cukup besar, oleh karenanya kita harus dapat kembali membangkitkan sektor pariwisata kembali di tengah pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita harapkan seluruh Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan stakholder dapat saling sinergis untuk kembali membangkitkan pariwisata di Danau Toba yang telah terkenal di seluruh penjuru dunia demi terciptanya pemulihan ekonomi” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengatakan kedepannya Pemerintah Provinsi akan terus berusaha membangkitkan sektor Pariwisata dan Umkm di wilayah Danau Toba dan Pulau Samosir dengan langkah awal membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

“Nantinya kita akan membuat sekolah pariwisata di Danau Toba dan melakukan pelatihan serta pendampingan terhadap para pelaku usaha serta masyarakat sekitar mengenai pemasaran dengan mengikuti perkembangan tehnologi memberikan dan terus melalukan perbaikan sarana dan prasarana yang memadai,” katanya.

Ketua DPD Golkar Sumut itu menegaskan pihaknya juga turut berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memilih Sumut menjadi salah lokasi food estate. Dirinya berharap agar para pelaku usaha pariwisata dan umkm dapat terus memanfaatkan potensi alam yang dimiliki.

“Kehadiran food estate nantinya dapat membantu daerah dengan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi dengan terus berusaha membangkitkan pariwisata di Danau Toba dan sekitarnya,” tutupnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Ini Langkah PLN
Next articleSerikat Buruh Surati Jokowi Minta BSU Dilanjutkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here