Setjen DPR Soroti Paradigma Media ‘Bad News is a Good News’

Jakarta, PONTAS.ID – Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR, Damayanti mengungkapkan, banyak hal-hal positif terkait kinerja DPR RI luput dari pemberitaan. Pasalnya, media saat ini kerap menjadikan “Bad News is a Good News” (berita buruk merupakan berita bagus) yang bedampak pada keberimbangan berita.

Hal ini disampaikan Damayanti saat menghadiri Lokakarya TVR Parlemen, Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI dengan TV dan Radio Lokal di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (24/11/2020).

“Kita sama-sama bekerja untuk Indonesia dan demi kebaikan kita semua. Misalnya penurunan biaya haji sebetulnya yang mati-matian menurunkan biaya haji saat rapat adalah DPR. Tapi mohon maaf, justru yang disiarkan keberhasilannya pemerintah,” kata Damayanti melalui keterangan tertulisnya yang dikutip PONTAS.id, Rabu (25/11/2020).

Ke depan, Maya, sapaan akrabnya, berharap kinerja DPR RI dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda, sehingga kerja sama Dewan dengan pemerintah ini bisa diberitakan oleh media secara proporsional, “DPR RI adalah partner pemerintah yang baik,” terangnya.

Selain itu, menurut Maya, banyaknya berita negatif terhadap DPR RI saat ini salah satunya dikarenakan karena kurang berimbangnya pemberitaan yang diterima oleh masyarakat.
Karena masyarakat hanya mendengar dan melihat dari media-media mainstream saja, dan kurang mendapatkan second opinion.

“Kadang-kadang media mainstream itu tidak menggali informasi dari kami langsung. Jadi mereka mengambil hanya dari sumber kedua. Itulah mengapa kami sangat membuka kepada teman-teman media di daerah untuk menggunakan berita-berita yang ada di kami dari segala sumber yang kami miliki,” imbuhnya.

Maya mencontohkan, jika media memiliki pertanyaan, seperti undang-undang, pihaknya di DPR bisa menjawab, “Pada setiap Selasa dan Kamis kami juga mengadakan dialog antara insan media dengan Anggota DPR untuk hal-hal yang kiranya sangat happening,” terangnya.

Sebagai informasi, Lokakarya dengan tema “Sinergi TVR Parlemen dengan TV dan Radio Lokal dalam Membangun Pemahaman Publik terhadap Kinerja Anggota DPR RI” ini bertujuan salah satunya agar Televisi dan Radio Lokal dapat menjalin kerja sama dengan TVR Parlemen dalam menyiarkan kegiatan-kegiatan Dewan.

“Agar dapat diketahui oleh masyarakat di daerah atau TV dan Radio Lokal juga dapat meminta tayangan atau rekaman mengenai kegiatan DPR RI yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here