Pengguna Tokopedia Sumbang Donasi Rp 33 Miliar Bantu Penanganan Covid-19

Tokopedia

Jakarta, PONTAS.ID – Pengguna Tokopedia telah menyumbangkan dana sebesar Rp 33 miliar untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Donasi disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung,” ujar Head of Tokopedia, Salam Garri Juanda seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta Senin (21/9/2020).

Menurut Garri, donasi yang terkumpul sejak Maret 2020 tersebut sudah disalurkan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD), Ventilator, rapid test gratis, bantuan disinfektan hingga sembako.

Terkait bantuan APD, Tokopedia telah bekerja sama dengan BenihBaik.com, PKPU Human Initiative dan WeCare.id untuk menyalurkan donasi dari pengguna Tokopedia. Bantuan ini telah disalurkan kepada 268 rumah sakit rujukan Covid-19 dan 47 puskesmas di 32 provinsi di seluruh Indonesia.

Selain itu, Tokopedia menggandeng Rumah Zakat untuk menyalurkan 54 unit ventilator bagi pasien di rumah sakit rujukan di Medan, Pontianak, Bandung, Solo, Surabaya dan Jakarta. Adapun penyaluran donasi berupa rapid test gratis dilakukan di 12 kota.

Hingga saat ini, ada sebanyak 1.770 penerima manfaat yang telah mendapatkan rapid test gratis tersebut. Sementara itu, untuk pengadaan CTM (COVID Test Mobile) di 17 provinsi zona merah, Tokopedia mengatakan berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa.

“Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus, Tokopedia bersama Dompet Dhuafa dan NU CARE-LAZISNU sudah menyemprotkan disinfektan untuk 528 masjid yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia,” kata dia. “Kami juga sudah menggandeng Rumah Zakat untuk membagikan 3.821 paket sembako bagi masyarakat, termasuk pedagang kecil yang terdampak pandemi, di 85 kota di Indonesia,” tegasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMPR Minta Pemda dan Polda Larang Kampanye Bikin Kerumunan
Next articlePelaku Parekraf di DIY Didorong Manfaatkan Program PEN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here