Begini Strategi Kemenperin Genjot Industri saat Pandemi

Produksi Industri Tekstil
Produksi Industri Tekstil

Jakarta, PONTAS.ID – Sektor industri memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian nasional khususnya di era digital. Namun, sektor ini menghadapi tantangan di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI pun mendorong kualitas pelayanan pada dunia industri agar tetap menjadi penggerak ekonomi nasional.

Salah satu langkah strategi yang dijalankan adalah mencanangkan gerakan Zona Integritas di seluruh satuan kerja untuk menciptakan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan, mengatakan, pihaknya berkomitmen dari unit satuan kerja Kementerian Perindustrian dalam mewujudkan WBK dan WBBM.

“Unit Satuan Kerja Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus memperbaiki jajaran birokrasi yang bersih, produktif, transparan, melayani masyarakat, dan akuntabel,” kata Arus, saat meninjau Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, dalam keterangannya, Minggu (20/9/2020).

“Hal ini dalam rangka menciptakan seluruh aparatur yang dapat turut mendorong kinerja sektor industri nasional agar semakin berdaya saing global. Pada Era digital ini masyarakat menginginkan segala pengurusan lebih cepat, efektif, dan efisien. Itu sebabnya pelaksanaan pelayanan publik dituntut untuk dapat memberikan layanan yang prima, hal ini akan diterapkan pada seluruh unit satuan kerja Kementerian Perindustrian,” sambung Arus.

Sejak tahun 2005, Kementerian Perindustrian telah menjalankan serangkaian program reformasi birokrasi untuk mewujudkan perubahan menuju tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).

“Saya sudah melihat adanya inovasi-inovasi baru khususnya di bidang digitalisasi pelayanan yang dibangun oleh unit satuan kerja Kementerian Perindustrian untuk peningkatan kualitas layanan kerja dalam upaya menuju WBBM,” lanjut Arus.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur III Kementerian Perindustrian, Pranata, memberikan apresiasi BBTPPI Semarang yang dinilai memiliki komitmen dalam melakukan perubahan untuk menjaga tata kelola pemerintahan lebih baik di instansinya.

“Sejak dicanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Kementerian Perindustrian, seluruh pegawai pada unit satuan Kerja Kementerian Perindustrian, khususnya BBTPPI Semarang telah menandatangani pakta integritas. Mulai dari pimpinan hingga pelaksana, telah berkomitmen penuh mewujudkan Wilayah Bebas dari Koruspi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” tandasnya.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articlePLN dan Pelindo III Sambung Listrik Pelabuhan Tanjung Intan
Next articleDilarang Ekspor Ikan ke China, Begini Penjelasan KKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here