Yuk Cek! Token Listrik Gratis PLN Agustus Sudah Bisa Diklaim

Ilustrasi Token Listrik (pontas)

Jakarta, PONTAS.ID  PT PLN (Persero) kembali memberikan listrik gratis terhadap pelanggan penerima bantuan dari pemerintah untuk penggunaan bulan Agustus atau klaim token listrik bulan Agustus 2020. Token gratis diberikan kepada pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA subsidi.

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, ada dua cara utama bagi kedua golongan pelanggan tersebut untuk mendapatkan token gratis, yakni melalui situs web dan WhatsApp resmi PLN.

Berikut cara mendapatkan token listrik gratis Bulan Agustus 2020 via website PLN atau PLN online seperti dikutip dari keterangan resmi PLN, Minggu (2/8/2020).

Pelanggan dapat mengakses website resmi PLN di pln.co.id, caranya sebagai berikut:

  • Pilih menu “pelanggan”, klik opsi “Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)”
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian & identitas pelanggan yang tampil pada layar
  • Jangan lupa isi kode captcha di kolom “Masukkan kata di samping”
  • Klik tombol “Cari”
  • Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan.
  • Token gratis listrik berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

Lalu, berikut cara mendapatkan token listrik gratis lewat WhatsApp:

  • Hubungi PLN via WhatsApp melalui nomor 08122123123
  • Pelanggan dapat memulai perbincangan dengan mengetik keyword ” Listrik Gratis” atau bisa mengetikan nomor IDpelanggan
  • Masukkan id pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar
  • Token listrik gratis akan tampil di layar
  • Token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

Kemudian, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses internet tetap bisa menikmati fasilitas token listrik gratis dari PLN.

“Untuk masyarakat terpencil atau susah akses internet, masih banyak cara untuk bisa klaim token listrik gratis,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (persero) Bob Saril.

Cara pertama adalah bagi pelanggan yang berhak menerima subsidi listrik, namun tinggal di daerah terpencil tanpa akses internet, maka bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN.

“Nanti nomor token akan diberikan melalui perangkat desa,” kata Bob.

Begitu pula bagi pelanggan yang tidak memiliki akun WA. Selain itu jika masih ada akses telepon, kata dia, bisa menghubungi kontak PLN 123 dan minta disambungkan kepada pelayanan pelanggan, nanti akan diarahkan oleh layanan pelanggan. Langkah terakhir apabila tidak ada internet dan telepon, maka pelanggan bisa mendatangi kantor PLN terdekat di seluruh penjuru Indonesia.

“Yang terpenting adalah nomor ID Pelanggan PLN selalu dicatat untuk dimintakan informasi kepada kantor PLN atau perangkat desa,” pungkasnya.

Penulis: Riana

Editor: Luki H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here