Kasus Positif Covid-19 di Asahan Bertambah Dua Orang

Asahan, PONTAS.ID –  Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Asahan kian bertambah, hari ini, Jumat (3/7/2020), dua orang warga Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur yang masing-masing berinisial MS (40) dan KS (30) dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil swab test yang dikeluarkan pihak medis atas keduanya.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, MS termasuk salah seorang yang melakukan kontak langsung dengan orang tuanya yang telah terlebih dahulu terpapar Covid-19.

Dan, berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan terhadap perempuan yang berdomisili di Jalan Karya,  Lingkungan I, Kelurahan Sendang Sari itu, dirinya dinyatakan reaktif. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan di Rumah Sakit USU Medan dengan menggunakan metode swab test, MS dinyatakan positif Covid-19.

“Sedangkan, untuk pasien KS yang berjenis kelamin laki-laki dan kesehariannya berprofesi sebagai Tenaga Kesehatan di salah satu Rumah Sakit di Kisaran itu, dinyatakan positif Covid-19 setelah pihak Rumah Sakit USU Medan melakukan pemeriksaan atas sampel uji Swab yang diambil dari dirinya,” ungkap Rahmat, Jumat (3/7/2020).

Menyikapi status yang ditetapkan terhadap kedua pasien itu, Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Puskesmas Mutiara segera melakukan tracking kontak erat kasus tersebut dan melakukan pemeriksaan darah melalui rapid test Covid-19 terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan si kedua pasien.

“Sampai saat ini, pelaksanaan pendataan kontak erat masih dilakukan guna pemeriksaan atau screening pada kasus kontak erat tersebut,” ujar Rahmat.

Lebih lanjut, Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan pun mengimbau masyarakat agar bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, seperti tetap menggunakan masker, menghindari keramaian, cuci tangan memakai sabun, rutin berolahraga, serta tetap menjaga kesehatan.

“Karena, tanpa dukungan dari masyarakat mustahil penyebaran Covid-19 dapat dihentikan,” imbuh Rahmat.

Sebagai informasi, untuk data Covid-19 di Kabupaten Asahan saat ini yang berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 4 Orang, positif bertambah menjadi 19 orang, yang terbagi dari 10 orang masih di rawat, 6 orang sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya

Editor: Riana

Previous articleProduk Perikanan Laris Manis saat Pandemi, KKP Minta Produsen Jaga Kualitas
Next articleDiduga Dikeroyok, Cleaning Service Laporkan Perawat RSUD Koja ke Polisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here