PGN Teken Harga Gas Khusus untuk Industri

Jakarta, PONTAS.ID –  Sub holding gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), sepakat melakukan penyesuaian harga gas dengan 177 pelanggan yang  tersebar di lima wilayah, yaitu Bogor, Jakarta, Surabaya, Tangerang, dan Medan.

Kesepakatan ini merupakan implementasi dari  Kepmen ESDM No. 89K tahun 2020 tentang Pengguna dan Harga Gas Bumi di Bidang Industri dan berlaku hingga 2024 dengan evaluasi dilakukan setiap tahun oleh Kementerian ESDM.

Penandatanganan kesepakatan  yang diselenggarakan secara virtual ini disaksikan oleh Direksi Pertamina, Menteri ESDM, Arifin Tasrif; Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita; Dirjen Migas KESDM, Ego Syahrial; Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto; serta Komite BPH Migas, Jugi Prajogio.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PGN, Suko Hartono, menjelaskan,  sesuai dengan Kepmen di atas, PGN menyalurkan gas untuk enam sektor industri, yaitu  kaca, keramik, baja, oleokimia, petrokimia, dan sarung tangan karet.

Besaran penyesuaian harga gas bervariasi sesuai dengan Kepmen No. 89K tahun 2020 yang mengacu dari Permen   Nomor 8 Tahun 2020 pasal 3 ayat 1 yang berbunyi Menteri menetapkan harga gas bumi tertentu di titik serah pengguna gas bumi (plant gate) dengan harga USD6 per MMBTU.

“Kesepakatan ini menjadi salah satu bentuk dukungan kami terhadap perkembangan industri dalam negeri. Semoga implementasi Kepmen tersebut dapat menjadi motor penggerak roda perekonomian serta meningkatkan daya saing dan menciptakan multiplier effect di sektor hilir,” ujar Suko, dalam keterangannya, Senin (8/6/2020).

Kemudian, sebagai holding migas, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyambut baik kesepakatan ini.

“Dengan terintegrasinya industri atau bisnis gas dari hulu ke hilir, tentu akan lebih mudah bagi Pertamina untuk menjalankan seluruh program dan kebijakan Pemerintah,” ujar Nicke.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articleAhli Medis RI dan Cina Bahas Pengobatan Herbal untuk Covid-19
Next articleHarga Emas Antam Stagnan, Berikut Rinciannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here