Ini Pesan Aziz Syamsuddin Jelang Peringatan Hari Lahir Pancasila

Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin

Jakarta, PONTAS.ID –  Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin, mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila ke-75 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dimana, istilah Pancasila  pertama kali dicetuskan oleh Bung Karno dalam pidatonya di hadapan Sidang BPUPK pada 1 Juni 1945 dan

Kesepakatan para pendiri bangsa yang keputusannya diambil melalui mekanisme musyawarah-mufakat, bukan voting. Untuk itu dirinya berharap, hari lahir Pancasila tahun ini dapat dijadikan sebuah momentum bangkitnya kembali Gotong Royong di tengah Pandemi Covid 19.

Saat ini, kata Aziz, Indonesia sedang dihadapkan pada satu bencana Pandemi global Covid 19, apa yang diupayakan Bung Karno pada masa lalu mengenai Konsep Gotong Royong yang merupakan salah satu intisari nilai nilai Pancasila dapat dijadikan role model baik bagi pemerintah maupun masyarakat dalam menghadapi Covid 19 saat ini.

“Kita lawan dan selesaikan Covid 19 dengan kembali di rumah ideologi kita, yaitu Pancasila. Tidak ada cara lain untuk keluar dari bencana ini dengan selamat, selain dengan Gotong Royong yang merupakan faham yang dinamis, lebih dinamis dari kekeluargaan. Gotong Royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan, yang dinamakan anggota yang terhormat Soekardjo satu karyo, satu gawe,” kata Aziz Syamsuddin, dalam keterangan, di Jakarta, Minggu (31/5/2020).

Politisi asal Golkar itu menjelaskan bahwa Bung Karno menilai bahwa Pancasila bila diperas menjadi satu, dia mengusulkan bahwa yang satu itu adalah Gotong Royong. Setiap Sila dalam Pancasila adalah nilai yang memiliki kedudukan yang sama fundamentalnya.

Oleh karena itu, dalam konsep Lambang Negara Garuda Pancasila, simbol Pancasila dibuat melingkar dengan “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang disimbolkan dengan cahaya sebagai intinya.

“Jikalau saya peras yang lima menjadi tiga, dan yang tiga menjadi satu, maka dapatlah saya satu perkataan Indonesia yang tulen, yaitu perkataan Gotong Royong. Negara Indonesia yang kita dirikan haruslah Negara Gotong Royong, alangkah hebatnya, Negara Gotong Royong,” kata Aziz, seraya menirukan perkataan Bung Karno.

Ho lopis kuntul baris buat kepentingan bersama, Itulah Gotong Royong. Semoga dengan semangat Pancasila dan gotong royong, bangsa Indonesia akan segera keluar dari bencana yang saat ini kita hadapi dan keluar dengan selamat, Dirgahayu Pancasila ke-75,” pungkasnya.

Penulis: Riana

Editor: Luki H

Previous articleRI Terapkan New Normal, PKS: Apa Ini Desakan Pengusaha?
Next articlePembukaan Sekolah Saat Pandemi Pertaruhkan Nyawa Penerus Bangsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here