Miris! Dua Puskesmas di Jakarta Utara Tak Ramah Anak

Jakarta, PONTAS.ID – Puskesmas Kelurahan Tanjung Priok maupun Puskesmas Kelurahan Papanggo belum ramah anak. Pasalnya, dua Puskesmas yang berada di Jakarta Utara tidak menyediakan arena bermain bagi anak.

“Belum ada fasilitas bermain anak, hanya ada taman di depan Puskesmas yang bisa dipakai anak bermain. Dan di dalam Puskesmas kita siapkan ruang buat ibu yang menyusui,” kata Kepala Puskesmas Papanggo, Yunita Stiwati menjawab PONTAS.id, Kamis (28/5/2020).

Terpisah, Kepala Puskesmas Tanjung Priok, Ayu Sri Wahyuni mengaku telah menetapkan standar penanganan pasien disabilitas meski belum sepenuhnya disediakan.

Selain itu, pihaknya juga kata Wahyuni telah menyediakan kursi roda bagi pasien disabilitas serta membuat jalur khusus yang dibedakan warnanya dengan jalur umum.

“Satpam, perawat dan bidan akan terjun langsung menangani pasien disabilitas. Namun memang untuk tenaga khusus disabilitas kita belum punya,” pungkasnya.

Padahal merujuk Pasal 11 ayat (1) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 75/2014 ditegaskan:

“(1) Bangunan Puskesmas harus memenuhi persyaratan yang meliputi: a.Persyaratan administratif, persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja, serta persyaratan teknis bangunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; b. bersifat permanen dan terpisah dengan bangunan lain; c. menyediakan fungsi, keamanan, kenyamanan, perlindungan keselamatan dan kesehatan serta kemudahan dalam memberi pelayanan bagi semua orang termasuk yang berkebutuhan khusus, anak-anak dan lanjut usia.”

Penulis: Suwarto/Edi Prayitno
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here