Demi Pasien Corona, UI Buat Ventilator Transport Lokal Rendah Biaya

Jakarta, PONTAS.ID – TIM Ventilator Universitas Indonesia (UI) mengembangkan Ventilator Transport Lokal Rendah Biaya Berbasis Sistem Pneumatik (Covent-20) sebagai bentuk sumbangsih UI dalam memenuhi kebutuhan ventilator bagi rumah sakit di Indonesia di tengah pandemi covid-19.

Tim itu merupakan kolaborasi dari para peneliti di Fakultas Teknik UI (FTUI), Fakultas Kedokteran UI (FKUI), Rumah Sakit UI (RSUI), Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta Jurusan Teknik Elektromedik, dan RSUP Persahabatan Jakarta.

Berdasarkan data Maret 2020, jumlah rumah sakit di seluruh Indonesia mencapai 2.867 dengan 8.413 unit ventilator. Jumlah ventilator terbanyak terdapat di Provinsi Jawa Barat (1.215 ventilator untuk 364 rumah sakit) dan DKI Jakarta (1.071 ventilator untuk 190 rumah sakit).

Padahal sejak Maret 2020, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan. RS Rujukan dan RS Darurat di Indonesia semakin banyak membutuhkan Ventilator. Diperkirakan dalam bulan April ini dibutuhkan tambahan 400-500 Ventilator.

“Saat ini di Indonesia ada sekitar 70-an distributor ventilator yang dapat memasok 231 jenis/tipe Ventilator Impor. Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, terjadi keterbatasan stok ventilator impor. Sementara belum ada ventilator lokal produksi asli Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri,” papar Ketua Tim Ventilator UI, Basari, dalam siaran pers, Selasa (7/4/2020).

Basari menuturkan, dalam praktiknya ada 2 tipe ventilator, yaitu yang digunakan di ruang ICU dengan mode lengkap dan ventilator transport biasanya hanya 1 mode dan bisa digunakan dalam kondisi emergency. Basari dan timnya fokus pada ventilator transport.

“Pertimbangannya ketersediaan sparepart lokal lebih banyak, PDP dan pasien positif Covid-19 yang mengalami gagal nafas membutuhkan ventilator transport untuk perjalanan dari rumah ke rumah sakit, serta mode ventilasi yang dapat diatur,” ujar Basari.

Terkait mode ventilasi COVENT-20, Basari memaparkan ventilasi multimode yang digunakan ialah sistem mode Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) untuk pasien PDP yang biasanya masih sadar. Sehingga hanya perlu dibantu diberikan oksigen ke paru-paru.

Adapun, mode Continuous Mandatory Ventilation (CMV) digunakan untuk pasien positif Covid-19 dengan gejala pneumonia berat yang tidak dapat mengatur pernafasannya, sehingga perlu dikontrol dengan mode CMV. Ventilator ini juga dilengkapi Positive End Expiratory Pressure (PEEP).

“Keunggulan COVENT-20 biaya produksi lebih hemat, compactportable, hemat energi, serta mudah dioperasikan sehingga aman bagi PDP maupun pasien positif Covid-19 untuk perjalanan dari rumah atau ruangan observasi ke ruangan isolasi,” ujar Basari.

Sementara itu, Dekan FTUI, Hendri DS Budiono, memaparkan, biaya pembuatan COVENT-20 lebih rendah bila dibandingkan dengan tipe ventilator transport komersial yang tersedia saat ini. CONVENT-20 juga memiliki ventilasi multimode, hemat energi dengan baterai lithium-ion dan memiliki bentuk ringkas dan sederhana.

“Pengoperasian yang mudah, serta menggunakan filter bakteri sehingga aman digunakan baik untuk PDP dan maupun pasien positif Covid-19,” tukas Hendri.

Saat ini, Tim Ventilator UI telah menyelesaikan proses kalibrasi awal Covent-20 di perusahaan Kalibrasi PT Medcalindo dengan hasil yang menjanjikan.

Tahapan selanjutnya adalah pengujian di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) dan uji klinis di RSUI sebelum pengurusan izin produksi dan izin edar dari Kementerian Kesehatan dan produksi massal.

Inovasi ventilator karya UI ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan rumah sakit di Indonesia.

Penulis: Riana

Editor: Luki H

Previous articleMendikbud Harus Gerak Cepat Refocusing APBN Tangani Covid-19
Next articleBantu Warga Terdampak Corona, Pemerintah Siap Kucurkan Rp 110 T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here