Ini Strategi Kemenhub Tangkal Penyebaran Wabah Korona

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menjalankan skenario peningkatan pengawasan dan siap siaga di pelabuhan guna mengantisipasi penyebaran virus Korona 

Jakarta, PONTAS.IDKementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini sudah menyiapkan langkah strategis untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona (Covid-19). Khususnya, mengantisipasi penyebaran melalui transportasi penerbangan.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi intensif dengan stakeholder penerbangan untuk meningkatkan fungsi dan pengawasannya.

“Kami koordinasi seperti dengan Kantor Otoritas Bandar Udara, Penyelenggara Bandar Udara, Petugas Imigrasi, Petugas Kesehatan, dan lainnya,” kata Novie dalam pernyataan tertulis, Minggu (8/3/2020).

Dia meminta, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk meningkatkan pengawasan. Hal tersebut dilkukan dengan mengoptimalkan peran KKP dalam pelaksanaan pemeriksaan terhadap penumpang , terutama di bandara internasional.

Selain itu, Novie juga meminta maskapai untuk memastikan setiap penumpang mengisi Health Alert Card (HAC) secara benar.

“Lalu menyerahkan kartu kewaspadaan kesehatan tersebut kepada petugas,” tukas Novie.

Novie menambahkan, maskapai juga harus memeriksa sertifikat kesehatan terhadap penumpang yang akan melakukan perjalanan dari tiga negara yakni Italia, Korea Selatan, dan Iran. Pemeriksaan tersebut harus dilakukan saat penumpang melakukan check in.

Lebih lanjut, Novie memastikan, Kemenhub sudah menetapkan prosedur penanganan penumpang dan pesawat dari penerbangan internasional di bandara.

“Selain itu juga menyiapkan prosedur terkait penanganan jika ditemukan suspect di bandar udara dengan melibatkan bea cukai, imigrasi, dan karantina,” pungkasnya.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articlePengukuhan DPC SI Asahan, Bupati: Berikan yang Terbaik
Next articleCegah Penyebaran Virus Korona di Masjid, Ini Imbauan BNPB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here