WHO Puji Langkah RI Tangani WNI dari Pusat Virus Corona

Jakarta, PONTAS.ID – Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Indonesia, Dr. Paranietharan, memuji pemerintah Indonesia dalam penanganan warga negara Indonesia yang diobservasi di Natuna setelah dipulangkan dari Wuhan, China yang menjadi lokasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Pemerintah Indonesia sangat baik dalam menangani warganya yang dievakuasi dari China karena virus COVID-19,” kata Paranietharan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Paranietharan ikut menjemput 285 warga negara Indonesia yang diobservasi di Natuna bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan melihat langsung penanganan observasi di sana.

Paranietharan menambahkan, cara Pemerintah Indonesia menangani warga di lokasi observasi sudah sesuai rekomendasi dan protokol WHO. Kini, 285 orang yang menjalani observasi itu dipastikan tidak terjangkit coronavirus dan dalam kondisi sehat.

Oleh sebab itu, Paranietharan juga mengingatkan agar tidak perlu khawatir terhadap kehadiran WNI yang telah diovservasi terkait virus corona yang kembali pulang ke kampung halamannya.

“Mereka telah melalui prosedur yang ditaati dan dilaksanakan dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa peserta observasi ini sudah dalam keadaan yang sehat. Kita jamin dan pastikan mereka sehat. Selamat kepada Pemerintah Indonesia dan Kementerian Kesehatan,” tandasnya.

Diketahui, total ada 285 orang WNI yang lolos observasi di Natuna dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (15/2/2020) sore ini.

Mereka terdiri dari 237 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, 1 WNA (suami dari WNI), 5 anggota tim aju dari KBRI Beijing, dan 42 orang dari tim penjemput yang terdiri dari 18 kru pesawat batik air,
3 orang tim Kemenkes, 3 orang tim Kemenlu, 8 orang tim kesehatan TNI dan 10 orang tim pengamanan TNI.

Para WNI itu menjalani observasi sejak 2 Februari lalu di Natuna. Sebelumnya mereka dipulangkan dari Cina akibat mewabahnya virus Corona.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articleHIPMI Dukung APNI Perjuangkan Harga Nikel
Next articlePHK 677 Karyawan, Ini Alasan Indosat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here