Hadapi Corona, DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Berhutang kepada Pinjaman Luar Negeri

Muhaimin Iskandar

Jakarta, PONTAS.ID – Meningkatnya wabah virus Covid 19 di Indonesia menimbulkan kekhawatiran lain selain meningkatnya jumlah korban yang terinfeksi virus tersebut.

Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar mengaku khawatir besarnya anggaran untuk melakukan penanggulangan bencana Covid 19 dan restrukturisasi ekonomi di Indonesia dapat menambah jumlah hutang ke luar negeri melihat terbatasnya jumlah anggaran.

“Saya melihat situasi saat ini dengan jumlah anggaran terbatas yang dimiliki Negara Republik Indonesia saat ini justru akan dapat membuka potensi godaan berhutang kepada luar negeri. Jangan sampai karena besaran hutang membuat Indonesia tidak Merdeka,” kata Muhaimin dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Memperhatikan hal itu semua, politisi PKB ini pun berharap Pemerintah dapat memiliki solusi logis, cepat dan tepat untuk menutupi kebutuhan anggaran yang besar dalam situasi bencana Nasional seperti saat ini.

“Tidak apa-apa negara ini berhutang kepada mereka yang kaya di negeri ini intinya dari dalam negeri sendiri. Mari dikumpulkan agar Indonesia dapat merdeka,” tutur Muhaimin.

Ia juga mengingatkan agar pemerintah punya kebijakan rasional. Maka itu, segala kebijakan mulai anggaran sampai dampak ekonominya harus dipikirkan pemerintah.

Tidak hanya pemerintah, Kader PKB baik di pusat maupun didaerah agar dapat berperan aktif untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gaya hidup sehat sampai cara berinteraksi yang wajar.

“Masyarakat harus tetap hidup sehat, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, dan aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan Covid-19 melalui media komunikasi, medsos, dan sebagainya,” paparnya.

Tidak hanya pemerintah, Muhaimin pun mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh dalam menghadapi virus tersebut

“Pendapat dokter yang hebat, Covid 19 kalau masuk kedalam badan Anda maka dia bisa mati sendiri, kalau badan Anda dalam keadaan vit. Antibody akan menang!!! Tapi kalau Anda tidak vit maka virus akan menang menyebabkan kita sakit!,” katanya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here