Terapkan Satu Data, Pemkab Asahan Luncurkan ASADA

Asahan, PONTAS.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan menggelar acara sosialisasi Aplikasi Asahan Satu Data (ASADA), di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kisaran, Sumatera Utara, Selasa (29/10/2019).

“Dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ASADA ini dalam rangka kesiapan Pemkab Asahan dalam mendukung penyelenggaraan satu data Indonesia,” kata Ketua Panitia acara yang juga Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, Riris Kusmiyati, saat memberikan laporan dihadapan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, OPD, Camat, dan undangan lainnya.

Riris juga menambahkan, ada 3 hal yang menjadi tujuan dari ASADA itu sendiri yakni :

  1. Memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan;
  2. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas aplikasi tata kelola data pemerintah melalui pelayanan berbasis web; dan
  3. Meningkatkan pelayanan publik untuk pemenuhan data bagi masyarakat.

Sementara itu, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Rahmat Hidayat Siregar selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan mewakili Bupati Asahan, Surya mengatakan ASADA merupakan aplikasi berbasis WEB yang dientry oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan kerjanya masing-masing.

Menurut Bupati, hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan publik dalam mencari dara dan informasi melalui satu sumber data.

“Keberhasilan ASADA ini sangat bergantung dan dipengaruhi atas adanya informasi dari masing-masing sektor yang dimiliki perangkat daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya,” ujar Rahmat membacakan.

Bupati juga meminta para Kepala perangkat daerah untuk memberikan konstribusi data sesuai dengan kewenangannya terhadap aplikasi ASADA secara periodik sesuai dengan kewenangannya.

“Seluruh perangkat daerah berkewajiban memberikan konstribusi data ke aplikasi ASADA secara rutin dan melakukan update data, serta mengintegrasikan pengelolaan data yang sudah ke aplikasi ASADA,” pungkas Rahmat mengakhiri sambutan Bupati yang dibacakannya.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBupati Tangerang Lantik 87 Kepala Sekolah
Next articleDorong Pengusaha Muda Tangerang, Bupati Undang Luigi De Luca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here