Kemajuan! Pengisian Avtur di Bandara Ahmad Yani Kini Cuma 10 Menit

pesawat garuda mengisi avtur pertamina di bandara (ist)

Semarang, PONTAS.ID – PT Pertamina (Persero) meresmikan fasilitas 4 Tangki Modular dengan kapasitas hingga 92 kilo liter (KL) di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ahmad Yani, Kota Semarang, Senin (9/9/2019).

Sebelumnya, pengisian avtur di bandara tersebut menggunakanĀ floating storageĀ dengan kapasitas maksimal 48 KL, yang bersifat mobile dari DPPU lama ke DPPU baru untuk mempercepat pelayanan pengisian avtur.

Iin Febrian, General Manager Marketing Operation Region IV PT Pertamina (Persero), mengatakan, tujuan pembangunan 4 Tangki Modular dengan total kapasitas 92 KL ini adalah untuk kepuasan pelanggan, mulai dari kecepatan layanan, dan fleksibilitas waktu operasi.

ā€œPembangunan Tangki Modular ini adalah upaya Pertamina untuk menyesuaikan kebutuhan pengisian avtur di pesawat sejak Bandara Ahmad Yani Baru beroperasi pada awal Juni 2018 lalu,ā€ terang Iin, dalam keterangan resminya, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, penghematan waktu yang diperlukan untuk melayani pengisian avtur di pesawat menjadi lebih singkat, kurang lebih 10 menit. Awalnya pengisian bahan bakar itu membutuhkan waktu rata-rata 20 menit untuk setiap pesawat.

Karena fasilitas permanen pengisian pesawat masih berada di bandara yang lama, selama 9 bulan sejak 6 Juni 2018 hingga 1 Maret 2019 Pertamina DPPU Ahmad Yani menggunakan trolley dan 2 floating storage untuk melayani pengisian pesawat di Bandara Ahmad Yani Baru.

Selanjutnya, setelah dilakukan serangkaian uji kelayakan, pada akhir Agustus 2019, DPPU Ahmad Yani dapat menggunakan fasilitas baru.

Di wilayah Marketing Operation Regional IV, DPPU Ahmad Yani Baru merupakan DPPU ke-2 terbesar yang melayani pengisian avtur setelah DPPU Adi Sucipto.

Saat ini, DPPU Ahmad Yani Baru melayani 16 jam operasional pengisian pesawat dengan frekuensi pengisian harian 60 refuelling/day kepada 13 maskapai domestik, 2 maskapai internasional dan Puspernerbad TNI-AD.

Fasilitas yang diresmikan pada hari ini terdiri dari 4 tangki modular dengan kapasitas masing-masing 23 Kilo Liter (KL), 1 unit drain tank kapasitas 2,5 KL, 2 panel modul pompa kapasitas 300 Gpm, 2 panel vessel Filter Water Separator, dilengkapi dengan water detector system, dan genset dengan kapasitas 50 KpA.

Penulis: Ririe

Editor: Idul HM

Previous articleResmi, PGAS Jadi Distributor Pelumas Pertamina
Next articleWarga Mojokerto Protes Harga Gas Bumi Mahal, Begini Respon BPH Migas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here