DPRD Kota Medan Setujui RAPBD Tahun 2020

Wali Kota Medan Menandatangani Persetujuan RAPBD Tahun 2020 di Gedung DPRD
Wali Kota Medan Menandatangani Persetujuan RAPBD Tahun 2020 di Gedung DPRD

Medan, PONTAS.ID – DPRD Kota Medan menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2020 yang diajukan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin.

Persetujuan ini dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Kota Medan, Kamis (29/8/2019), setelah mendengar laporan Banggar DPRD Kota Medan dan pendapat akhir seluruh fraksi.
Keputusan ini ditandai dengan penandatanganan/pengambilan keputusan DPRD Kota Medan sekaligus Persetujuan Bersama DPRD Kota Medan dengan Kepala Daerah atas Ranperda Kota Medan tentang RAPBD Kota Medan Tahun Anggaran 2020 oleh Wali Kota dan Ketua DPRD Medan.

Struktur Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 yang disetujui itu, untuk Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2020 diproyeksikan sebesar Rp6,09 triliun.

Sedangkan Belanja Daerah yang diajukan terdiri dari Belanja Tidak Langsung diperkirakan sebesar Rp2,54 triliun lebih dan Belanja Langsung sebesar Rp3,64 triliun lebih.

Dengan demikian, secara total, jumlah Belanja Daerah diperkirakan sebesar Rp6,18 triliun lebih. Sedangkan pembiayaan Daerah yakni untuk Pembiayaan Penerimaan sebesar Rp100 miliar dan Pembiayaan Pengeluaran sebesar Rp10 miliar.

Wali Kota Medan menyatakan, yakin struktur APBD 2020 ini dapat menjadi stimulus dalam rangka mendorong perekonomian kota yang lebih progesif dan dinamis, sekaligus mampu mempercepat dan memperluas pembangunan kota pada masa yang akan datang.

Eldin menyebutkan, tahun 2020 dan tahun-tahun selanjutnya penuh dengan tantangan, terutama diakibatkan tingginya ketidakpastian perekonomian regional dan global.

“Untuk itu, saya meminta kita semua dan pelaku ekonomi agar bisa mengantisipasi berbagai tantangan ekonomi itu, dengan cara meningkatkan daya saing dan kemampuan kompetitif, sehingga kita tetap mampu meningkatkan produktivitas, melindungi pasar domestik, dan sekaligus menciptakan lapangan kerja baru di tengah-tengah masyarakat,” ucap Wali Kota.

Penulis: Ayub

Editor: Luki Herdian

Previous articleIronis! Tanpa Pengawas, Proyek Jalan Tugu PMD Jambi Patah
Next articleKemenperin: Industri Baterai Kendaraan Listrik Bakal Terus Berkembang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here