Soal Wacana Kompensasi PLN Tiga Kali Lipat, ESDM: Ya Tergantung Keuangan PLN

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana. (foto: ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Hingga saat ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum bisa memastikan mengenai ketentuan besaran kompensasi tiga kali lipat jika terjadi pemadaman lagi oleh PT PLN (Persero).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan, saat ini ketentuan kompensasi tiga kali lipat masih dalam kajian.

“Itu kan kajian, belum diputuskan, yang terpenting itu keputusan dari Pak Menteri,” beber Rida, di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih jauh Rida memastikan, Kementerian ESDM mempertimbangkan keuangan PLN dalam pembahasan penetapan kompensasi.

Rida mengatakan, saat ini, Kementerian ESDM akan memperhatikan keuangan PLN terkait kompensasi ini. Sehingga, PLN tak bangkrut saat kompensasi diterapkan.

“Nantinya kan memang harus dicek terhadap struktur keuangan PLN, semisal terkait pembayaran ya tergantung keuangan, bisa di tahun depannya, atau dicicil. (Ada hitungan supaya PLN tak bangkrut?) O iya, ada dong. Simulasi itu. Yang namanya simulasi kan terserah mau dikalikan setengah, lima, dan seterusnya, itu hanya liat gambaran aja. Nanti kan pada saatnya kan memang harus dicek terhadap struktur keuangan PLN, persis kayak kompensasi tarif adjusment tidak diterapkan,” jelasnya.

Mengenai statement kompensasi dibayarkan 100%, Rida juga mengatakan, hal tersebut masuk dalam perhitungan. Namun, perhitungan bukan cuma satu saja melainkan ada beberapa opsi seperti 200% hingga 300%.

β€œKan ada interval 200-300% dan seterusnya enggak mungkin yang dimaksud Pak Djoko Siswanto (Sekjen DEN) itu excercisenya sedang dilakukan seperti itu. kan ada Permen sekarang, untuk subsidi non subsidi kan beda, satu 25 satu lagi 30, itu dihitung semua. Pokoknya yang kemarin itu basisnya pakai Permen 27. Kalau yang tadi diomongin itu ya wacana, masih disimulasi,” tuntasnya.

Penulis: Riana
Editor: Idul HM

Previous articleBakti Sosial, Pemkab Asahan Santuni Anak Yatim
Next articlePertamina RU V: Kebakaran Kilang Padam Pukul 12.15 WITA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here