Pemkab Asahan Berupaya Stabilkan Harga Bawang Putih

Asahan, PONTAS.ID – Pemkab Asahan melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan telah melakukan upaya untuk menstabilkan kembali harga bawang putih di pasaran yang sekarang mengalami pelonjakan harga yang sangat signifikan.

Berbeda dengan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok lainnya yang masih stabil dan cukup, harga bawang putih di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Kisaran, Asahan, Sumut, mengalami lonjakan harga hingga 73 persen.

Harga bawang putih di awal bulan April Rp. 25.000 per Kg, sekarang naik menjadi Rp. 45.000 per Kg.

Lonjakan harga bawang putih tersebut menurut Kadis Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Witoyo melaui Kabid Perdagangan, Emran disebabkan menipisnya ketersediaan dan pasokan bawang putih di pasaran.

“Kenaikan harga bawang putih itu dikarenakan menipisnya stok dan pasokan,” jelas Emran, Rabu (29/5/2019).

Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya menurut Emran, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara agar dalam waktu yang tidak terlalu lama pihak importir bisa segera mendistribusikan bawang putih tersebut.

“Monitoring terus kami lakukan agar harga bawang putih bisa segera stabil dipasar, apalagi ini menjelang lebaran,” kata Emran.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous article1.256 Warga Tebingtinggi Terima Zakat dari Baznas
Next articleBenang Merah Gagalnya ‘Aksi Makar 22 Mei’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here