Kemenpar Gandeng VISA Promosikan Wonderful Indonesia

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng perusahaan teknologi pembayaran global, VISA untuk mempromosikan branding Wonderful Indonesia.

“Kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak. Sama-sama ingin mendapatkan ‘empower’ devisa dan meningkatkan penjualan merchant lokal,” kata Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai menyaksikan penandatanganan MoU bersama VISA di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizky Handayani bersama Presiden Direktur PT VISA Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman dan hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Co-Branding Kemenpar, Priyantono.

Arief mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk mempromosikan Wonderful Indonesia sebagai destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara (wisman) dengan memanfaatkan skala dan jaringan global milik VISA.

Kerja sama ini diarahkan menjadi ajang promosi khususnya merchant-merchant lokal untuk semakin dikenal oleh para turis asing.

Arief menjelaskan, posisi VISA sebagai penyedia pembayaran digital terkemuka di dunia dapat bermanfaat untuk memperluas rekam jejak kampanye #DiscoverWonderfulIndonesia di luar negeri.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa kemitraan ini dapat membuka potensi Indonesia dalam mengembangkan Digital Tourism 4.0, dengan menciptakan pengalaman membayar dan perjalanan liburan yang serba mudah bagi para wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Indonesia.

“Pembayaran digital menjadi semakin terintegrasi dalam perjalanan liburan masa kini di mana wisatawan menggunakan teknologi tersebut untuk membeli tiket penerbangan, memesan hotel, tur, dan berwisata kuliner. Dengan menggaet Visa sebagai jaringan pembayaran digital pilihan wisman dan wisatawan domestik, kami berharap dapat mendukung mobilitas mereka di destinasi wisata yang dikunjungi,” ujar Arief.

Sementara itu Presiden Direktur PT VISA Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk membagi pengetahuan dan praktik terbaik dalam mempromosikan destinasi unggulan di Indonesia.

“Kami berharap pengalaman kami dapat berguna untuk menarik lebih banyak wisman serta mempercepat adopsi pembayaran elektronik di sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Kami juga akan memfasilitasi para merchant lokal pilihan kami dalam menerima pembayaran kartu dan nirsentuh sehingga memudahkan para wisman dan wisatawan domestik dalam menggunakan metode pembayaran yang lebih mudah, aman, dan nyaman,” tutur Riko.

Untuk diketahui, VISA merupakan perusahaan pembiayaan yang memiliki jaringan global dan menjadi pemimpin pasar, baik di Indonesia maupun di dunia.

Dengan memanfaatkan jaringan global VISA maka akan dilakukan joint campaign antara Kemenpar dan Visa Worldwide, dan kolaborasi dengan channel bank partners. Kerja sama juga meliputi platform digital termasuk instrumen pembiayaan digital, memanfaatkan data analitik, dan kampanye digital (geo tagging).

Penulis: Risman Septian
Editor: Luki Herdian

Previous article10 Desa di Asahan Terima Bansos dari Dana Eks PNPM
Next articleKades Pematang Sei Baru Terjaring OTT, tapi Tak Masuk Bui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here