Raih WTP, Begini Harapan Wali Kota Tebingtinggi

Tebingtinggi, PONTAS.ID – Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tebingtinggi tahun anggaran 2018 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang diserahkan langsung Kepala BPK Sumatera Utara Vincentia Moli Ambar Wahyuni, di Gedung BPK Jl. Imam Bonjol Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/5/2019).

Penilaian WTP ini diterima langsung
Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan disaksikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi.

Gubernur mengatakan, dalam hal membuat laporan keuangan,  sebenarnya tidak rumit. Yang penting jangan asal jadi dan bukan rekayasa. “Kalau semua dijalankan atas dasar untuk kepentingan rakyat, pasti Januari atau paling lama Maret sudah bisa menyampaikan laporannya,” jelas Edy.

Gubsu juga berpesan, semoga dalam penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) atau membuat laporan keuangan untuk tahun depan, pihak pemeritah daerah  akan lebih baik lagi dan bukan hanya sekedar mengejar penetapan WTP.

“Semoga Ibu Vincentia masih disini (Sumut) dan kami akan buktikan hal tersebut,” ungkap Gubernur.

Sementara Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan usai menerima LHP (laporan hasil pemeriksaan), langsung menyampaikan terimakasih kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang sudah berkerja keras dan menyiapkan laporan keuangan Pemerintah kota Tebingtinggi.

“Meskipun WTP bukanlah tujuan akhir dari apa yang telah dilakukan, namun WTP ini dapat dijadikan motivasi dan semangat untuk mengelola keuangan,” kata Umar.

Wali Kota berharap, ke depannya seluruh OPD lebih baik lagi dalam mengelola keuangan  sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

“Dan bukan hanya masalah penyiapan laporan keuangan saja, tetapi juga laporan-laporan lainnya yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Kota Tebingtinggi bisa menjadi yang terbaik lagi,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Tebingtinggi  tampak didampingi Wakil Ketua DPRD Hazly Asyari Hasibuan, Sekdako Marapusuk Siregar, Asisten Umum Kamlan Mursyid, Kepala BPKAD Jeffri Sembiring, dan Kabag Humas Pemko Tebingtinggi, Abdul Halim Purba.

Sementara daerah yang menerima WTP dari BPK RI Sumut adalah Kabupaten Humbang Hasudutan, Kabupate Tapanuli Selatan, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Deli Serdang.

Dan khusus Kabupaten Tapanuli Selatan, berhasil menerima status WTP untuk yang kelima kali secara berturut.

Penulis: Hormianna br. Purba
Editor: Hendrik JS

Previous articleWakil Bupati Tangerang Hadiri Takmir Ramadhan 1440 H
Next articleUsulkan Surya Jabat Bupati Asahan, DPRD Gelar Paripurna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here