Jelang Pemilu, Dukcapil Jakarta Utara Gelar Layanan Sabtu Minggu

Petugas Sudin Dukcapil Jakarta Utara menyerahkan keping e-KTP kepada warga di kelurahan Lagoa, kecamatan Koja, Jakarta Utara, Sabtu (6/4/2019)

Jakarta, PONTAS.IDKepala Suku Dinas (Kasudin) Dukcapil Jakarta Utara, Erik Polim Sinurat menggencarkan pelayanan KTP berbasis elektronik (e-KTP) di 31 Kelurahan yang ada di Jakarta Utara hingga dua pekan ke depan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar serentak pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

“Pelayanan ini ada di setiap kantor kelurahan (31 kelurahan). Mulai Pukul 08.00 WIB-11.00 WIB,” kata Erik, saat dikonfirmasi, Sabtu (6/4/2019).

Dijelaskan Erik, pelayanan digelar selama dua pekan berturut-turut, yakni pada 6-7 April 2019, dan 13-14 April 2019. Hal ini merujuk, Surat Edaran Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma, Nomor 16/SE/2019 tentang Percepatan Perekaman KTP Elektronik.

Dengan pelayanan ini lanjut Erik, warga yang tidak bisa mendatangi pelayanan kependudukan pada hari kerja (Senin-Jumat) dapat melakukannya di luar hari kerja. Jenis pelayanan yang digelar antara lain perekaman, pencetakan, dan pendistribusian e-KTP.

“Pelayanan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap suksesnya Pemilu 2019. Karena salah satu persyaratan warga untuk mendapatkan hak pilih yaitu e-KTP. Jadi kita ingin warga yang memenuhi syarat memilih mendapatkan hak pilihnya,” jelasnya.

Door to Door
Sementara itu, Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk Sudin Dukcapil Jakarta Utara Sri Supriantoro menerangkan, hingga Jumat (5/4/2019), masih terdapat 3.271 keping e-KTP yang belum terdistribusikan kepada pemilik.

Sejumlah upaya telah dilakukan petugas mulai dari membuka pelayanan tambahan, door to door ke setiap rumah, menjalin koordinasi dengan lurah, RT/RW, hingga bergabung dalam berbagai kegiatan masyarakat.

“Dengan adanya pelayanan Sabtu-Minggu ini kami harapkan warga yang belum melakukan perekaman dan distribusi e-KTP dapat mendatangi kantor kelurahan masing-masing,” ungkapnya.

Terpisah, salah seorang warga Kelurahan Lagoa, Wulan Rabbani Akbar (17) mengaku, mengetahui pelayanan kependudukan Sabtu-Minggu ini dari pengurus RT. Berbekal resi e-KTP dia pun akhirnya menerima fisik e-KTP dari petugas Dukcapil di kantor kelurahan Lagoa.

“Iya baru sekarang punya e-KTP. Sebelumnya hanya resi saja. Besok saya mau lapor ke panitia pemilu di kecamatan supaya bisa mendapatkan hak pilih di pemilu nanti,” tutupnya.

Penulis: Suwarto
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleKampanye Terbatas, Puluhan Ribu Warga Asahan Sambut Jokowi
Next articleKemendag Promosikan Potensi Beras Organik Kabupaten Sergai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here