Rampung, Tol Paspro Tahap Uji Coba Sebelum Dibuka untuk Publik

Jakarta PONTAS.ID – Jalan Tol Trans Jawa yang beroperasi akan semakin panjang dengan rampungnya Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Jalan bebas hambatan sepanjang 31,3 kilometer (km) itu saat ini tengah dilakukan uji laik fungsi sebelum dibuka untuk publik.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan selesainya tol Paspro akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat setempat, salah satunya adalah waktu tempuh yang kian cepat.

“Perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya sebelumnya membutuhkan waktu 2,5 jam, kini setelah ada tol hanya sekitar 30 menit,” ujar Basuki melalui keterangan resmi, Minggu (10/2/2019).

Konektivitas yang semakin baik diyakini akan membuka peluang bangkitnya potensi-potensi perekonomian di daerah yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dengan rampungnya Paspro, sekarang, pemerintah akan fokus pada pengerjaan ruas Tol Pasuruan-Banyuwangi untuk menyempurnakan Trans Jawa dari ujung barat hingga ujung timur.

“Kalau pembebasan lahannya bisa segera, kami proyeksikan 2020 akhir bisa tersambung sempurna dari Merak sampai Banyuwangi,” ucap Basuki.

Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol Dwi Pratikno mengungkapkan, untuk dapat menyelesaikan tol tersebut, pihaknya mengeluarkan dana investasi sebesar Rp4,6 triliun dengan masa konsesi selama 50 tahun.

Tol Paspro memiliki tiga seksi yang terdiri dari seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur.

Tol tersebut juga dilengkapi empat unit rest area tipe B yang diletakkan dua di jalur kiri dan kanan. “Lahan yang disiapkan hampir empat hektare untuk tiap-tiap rest area. Tetapi kami tidak menyediakan SPBU di sana,” ucapnya.

Pemerintah, sejak 2015-2018, telah membangun jalan tol sepanjang 782 km. Salah satunya adalah Trans Jawa yang pada 2018 telah tersambung dari Merak hingga Grati, Pasuruan.

Pada 2019, ditargetkan, panjang jalan tol yang selesai akan bertambah menjadi 895 km, beberapa ruas yang masuk daftar rampung selain Paspro adalah Terbanggi Besar hingga Palembang dan beberapa ruas lainnya yang tergabung dalam Trans Sumatera.

E$ditor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here