Indonesia Menangkan Penghargaan Best Destination di Belanda

Jakarta, PONTAS.ID – Indonesia memenangkan penghargaan Best Destination dalam kategori Umum yang diberikan oleh Reisgraag Award. Award ini diberikan saat Indonesia berpartisipasi pada Vakantibeurs, di Utrecht, Belanda, yang merupakan ajang promosi pariwisata terbesar di wilayah Benelux (Belgia, Netherlands, dan Luxemburg) yang berlangsung pada tanggal 9-13 Januari 2019.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kemenpar, Agustini Rahayu mengatakan bahwa penilaian audience yang membawa Indonesia menerima award ini. Indonesia mendapat nilai rata-rata 8,8 dari total 7 ribu review yang ditulis di Reisgraag.nl. Reisgraag Award merupakan satu-satunya award yang terverifikasi di industri pariwisata di Belanda karena hanya ulasan atau review konsumen yang menentukan.

“Penghargaan ini pertama kalinya diberikan kepada Indonesia, setelah 8 kalinya diberikan organisasi penilai travel agents terbesar di Belanda kepada beberapa Negara. Pada tahun 2018 yang mendapatkan Best Destination Award adalah Austria,” kata Agustini dalam siaran pers Kemenpar, Jumat (11/1/2019).

Agustini menambahkan, tahun 2018 merupakan tahun yang cukup berat bagi kepariwisataan Indonesia, terkait beberapa kejadian yang mempengaruhi keputusan wisman untuk melakukan perjalanan ke Indonesia. Misalnya dengan terjadinya bencana alam yang terjadi berturut-turut yang cukup mempengaruhi wisman Eropa.

Untuk itu penghargaan ini dinilainya sangat berarti bagi Indonesia, dimana masih mendapat Best Destination Award berdasarkan review-review positif dari konsumen dan travel agents companies di Belanda. Sebagai perwakilan dari Wonderful Indonesia, Agustini pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada Indonesia.

“Kami berharap penghargaan ini dalam memberikan positive impact untuk kepariwisataan Indonesia di Eropa, khususnya di Belanda sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan pada tahun 2019 ini,” ujarnya.

Partisipasi Indonesia pada Vakantibeurs untuk ke-49 kalinya ini dikhususkan untuk menarik wisman Belanda dan sekitarnya untuk masa liburan musim panas. Belanda merupakan salah satu dari lima pasar utama di Eropa yang diharapkan dapat memberikan kontribusi jumlah wisman sebesar 310 ribu, dari target 20 juta di tahun 2019.

Tahun lalu, Vakantiebeurs diikuti oleh 1.126 exhibitor, dan dihadiri oleh 105.369 pengunjung dari 119 negara dengan skema 2 hari trade fair (B2B) dan 3 hari consumer day (B2C). Pada tahun ini animo semakin besar, Kemenpar memfasilitasi 21 industri pariwisata, terdiri dari 11 travel agent/tour operator, 10 hotel/akomodasi, 2 organisasi kepariwisataan dan 1 airlines (Garuda Indonesia).

Dalam rangkaian promosi di ajang ini, Media Workshop merupakan salah satu acara yang sangat penting yang digunakan oleh negara partisipan untuk memberikan informasi terbaru mengenai up and rising destination yang menjadi highlight tahun 2019 kepada Media Partners.

“Untuk menjaga jalinan hubungan dengan kalangan industri pariwisata Indonesia dan Belanda, Kemenpar memfasilitasi Business Gathering dan Networking yang dihadiri setidaknya oleh 80 partner bisnis dan co-exhibitor yang tergabung di paviliun Indonesia,” tukas Agustini.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here