Hari Pertama Fungsional Tol Mapan, Kendaraan Membludak

Lalu lintas tol Malang Pandaan (Mapan) merambat jelang exit tol Pandaan arah Malang /Foto:twt

Malang, PONTAS.ID – Baru sehari dioperasikan Jalan Tol Malang-Pasuruan (Mapan) secara fungsional, banyak masyarakat yang ingin mencoba jalur tol tersebut.

Berdasarkan data dari Jasamarga Pandaan Malang (JPM), volume kendaraan sudah tampak ramai, ketika dibuka pada Minggu (23/12/2018) pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak 3.499 kendaraan yang lewat.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik menyampaikan dengan dibukanya jalan tol Mapan secara fungsional selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa masalah baru,

Taufik mencontohkan, di exit Tol Mapan Karanglo, masih terjadi penumpukan arus lalu lintas, “Sekarang yang menjadi masalah adanya penumpukan kendaraan diruas jalan exit tol, bahkan jalur yang menuju Kota Malang juga terdampak adanya penumpukan kendaraan,” ungkapnya.

Untuk mengatasinya, lanjut Taufik, pihak Satlantas Polres Malang memberlakukan sistem buka tutup, supaya volume kepadatan arus lalu lintas bisa teratasi. “Untuk mengurangi adanya penumpukan kendaraan, kami lakukan buka tutup supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan,” jelasnya.

Perlu di ketahui, arus kendaraan yang keluar dari Tol Mapan di Karanglo bertemu dengan arus kendaraan dari arah Lawang yang hendak masuk Kota Malang. Adanya penumpukan arus kendaraan yang bertemu di exit tol tersebut juga banyak dikeluhkan masyarakat.

Penulis: Bagus Yudistira
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here