Calon Mitra Waralaba di Korsel Teken Kerja Sama 1,245 Miliar Rupiah

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti.

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyambut baik antusiasme warga negara Indonesia (WNI) calon mitra waralaba di Korea Selatan (Korsel), yang menandatangani kerja sama senilai 1,245 miliar rupiah dengan tiga merek waralaba nasional.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti mengungkapkan bahwa ketiga merek waralaba nasional tersebut yaitu Kebab Baba Rafi, Bakso Alex, dan Bambu Spa.

Komitmen kerja sama tersebut ditandatangani calon mitra waralaba pada akhir penyelenggaraan Seminar Kewirausahaan, yang digelar Kemendag dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Busan di Dong-A University, Busan, Korsel.

Tjahya mengatakan, bahwa bisnis waralaba perlu didorong agar semakin berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan mengangkat nilai produk dalam negeri dalam bentuk kerja sama bisnis.

“Pertumbuhan waralaba di Indonesia sedang berkembang pesat dengan 555 merek usaha dan dengan jumlah 45 ribu gerai yang berpontensi diwaralabakan,” kata Tjahya dalam siaran pers Kemendag yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Ketiga merek waralaba nasional tersebut digandeng Kemendag untuk mengenalkan bisnis waralaba kepada para peserta seminar yang terdiri dari diaspora dan pekerja migran Indonesia, termasuk para pelajar Indonesia.

Tjahya meyakinkan bahwa dengan sistem waralaba, semua orang dapat memulai usaha dengan risiko minimal meskipun belum memiliki cukup pengalaman dan talenta dalam berbisnis.

“Penyelenggaraan seminar ini merupakan bagian dari program pendampingan waralaba nasional yang bertujuan memberikan pembekalan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Seminar kewirausahaan ini juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan mendorong sektor waralaba,” ujar Tjahya.

Lebih lanjut, Tjahya juga mengapresiasi dukungan Persatuan Pelajar Indonesia Korea (PERPIKA) dan KBRI Seoul dalam menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan itu. Tjahya mengharapkan minat kerja sama calon mitra waralaba Indonesia yang berhasil dikumpulkan dapat meningkatkan daya saing merek-merek waralaba Indonesia di luar negeri.

Sementara itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Korsel, Umar Hadi, juga menyatakan bahwa masa depan waralaba Indonesia cemerlang sehingga harus dimanfaatkan dengan baik, termasuk oleh diaspora, pekerja migran, dan pelajar Indonesia di Korsel yang hingga pertengahan tahun ini tercatat 35.269 orang.

Untuk diketahui, merek-merek waralaba Indonesia yang telah sukses merambah pasar luar negeri antara lain yaitu J.Co Dunuts & Coffe, Alfamart dengan 174 gerai di Filipina, Baba Rafi dengan 60 gerainya yang tersebar di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Srilanka, Bangladesh, China, dan Belanda.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here