Ramaikan HKN 2018, Ratusan Warga Jakarta Utara Datangi Kalijodo

Jakarta, PONTAS.ID – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018 di RTH Kalijodo, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Rabu (14/11/2018).

Selain menggelar pemeriksaan kesehatan kesehatan gratis, juga dilaksanakan deteksi dini kanker lewat tes Inspeksi Visual Asam Asetat atau IVA test.

“Semuanya dilakuka secara cuma-cuma. Dalam kegiatan ini juga kita lakukan talkshow serta sosialisasi kesehatan masyarakat,” kata Wali Kota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau dalam sambutannya.

Dia mengatakan, peringatan HKN merupakan momentum meningkatkan semangat kepedulian, komitmen, gerakan nyata seluruh komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan masyarakat dengan mengutamakan upaya promotif (promosi kesehatan)-preventif (pencegahan).

“Semakin menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat tanpa mengabaikan kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan),” kata Wali Kota.

Dijelaskan Syamsudin, kesehatan merupakan hak asasi dan salah satu unsur kesejahteraan yang menjadi tanggung jawab setiap orang, keluarga dan masyarakat yang penyelenggaraannya didukung oleh pemerintah.

Sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, “Sebagai investasi pembangunan SDM yang produktif secara sosial dan ekonomis,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Penjaringan, Mohammad Andry menjelaskan, adapun kegiatan layanan kesehatan gratis di antaranya meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, tinggi dan berat badan.

Dan apabila saat acara ditemukan gejala klinis dan membutuhkan pengobatan lanjutan pasien, pihaknya kata Andry akan merujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Ada juga sosialisasi makanan yang berbahaya dan pameran kesehatan. Kegiatan setidaknya diikuti 500 warga,” tandasnya.

Penulis: Hasanudin
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMenteri Ekonomi ASEAN Tandatangani Perjanjian Pengembangan Niaga Elektronik
Next articlePerjuangkan RUU Profesi Penilai, Ini Alasan Misbakhun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here