Turki Diminta Segera Ungkap Misteri Hilangnya Khashoggi

Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoogi (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Kasus hilangnya jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi masih terus diselidiki. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia berharap otoritas Turki segera mengungkap kasus tersebut.

“Tentu kita sangat prihatin ya bahwa kasus tersebut terjadi. Apalagi itu terjadi di premesis, di lokasi konsuler. Tentunya kita berharap benar-benar bisa diketahui apa sebenarnya yang terjadi di situ, dan bisa terungkap apa yang pelakunya, dan bisa diambil langkah-langkah hukum sesuai dengan hukum yang berlaku, baik di Turki maupun di Arab Saudi,” kata Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, Jumat (19/10/2018).

“Tentunya kita berharap baik pihak Turki, otoritas Turki, bisa mengungkap apa yang telah terjadi dan juga agar mengambil langkah-langkah bersama Arab Saudi untuk sesuai dengan hukum yang berlaku untuk mengungkap kasus itu,” lanjutnya.

Arrmanatha atau yang biasa disapa Tata, berharap berharap pihak otoritas Turki bisa mengambil langkah bersama bersama Arab Saudi untuk mengungkap kasus itu.

“Itu kan bagian dari proses investigasi yang sedang dilakukan. Kita nggak bisa bilang kita meyakini A atau B sebelum kita mengetahui detail dari kejadian tersebut. Hari ini kan sedang diinvestigasi baik oleh Pemerintah Turki dan juga Arab Saudi. Kita tunggu hasilnya dari proses investigasi tersebut,” ujarnya.

Terkait apakah kasus Khasoggi akan dibahas dalam pertemuan diplomatik antara Indonesia dan Arab Saudi yang akan berlangsung pekan depan, Tata belum bisa memastikan. Menurutnya, pembahasan soal Khasoggi akan melihat perkembangan saat pertemuan.

“Kita lihat nanti, hal seperti itu kan tidak langsung berhubungan dengan hubungan bilateral. Kita tentu dalam pertemuan seperti ini, tidak saja hubungan bilateral yang menjadi perhatian, namun juga perkembangan-perkembangan terkait dengan di kawasan maupun di tingkat global. Bisa saja diangkat, namun kita harus lihat itu nanti perkembangannya pada saat pertemuan,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah Saudi telah membantah keras tuduhan keterlibatan dalam hilangnya Khashoggi. Jurnalis pengkritik kebijakan pemerintah Saudi itu menghilang sejak masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Khashoggi mendatangi Konsulat Saudi untuk mengurus surat-surat untuk keperluan rencana pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz.

Konsulat Saudi sebelumnya menyebut Khashoggi telah keluar dari gedung itu. Namun otoritas Turki dan tunangan Khashoggi menegaskan dia masih ada di dalam konsulat. Sumber-sumber pemerintahan Turki menyebut Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi.

Previous articleJaksel dan Jaktim Diprediksi Diguyur Hujan Sore Hari
Next articleGedung DPR Perlu Pembenahan Total Pasca Insiden Peluru Nyasar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here