Tuduh Polisi Calo Tiket, Augie Fantinus Jadi Tersangka

Jakarta, PONTAS.ID – Penyidik Polda Metro Jaya secara resmi telah menetapkan presenter Augie Fantinus sebagai tersangka, karena menyebut anggota kepolisian ikut menjadi calo tiket Asian Para Games 2018.

“Sudah tersangka. “(Terjerat UU) ITE, dia kan menyebarkan berita adanya calo tiket. Tapi kan pada kenyataannya tidak seperti itu,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Adi Deriyan kepada wartawan, Jumat (12/10/2018).

Sementara itu menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, penetapan Augie sebagai tersangka oleh pihak kepolisian tersebut seharusnya harus menjadi pelajaran bagi masyarakat.

Menurut Argo, masyarakat harus bijak dalam menyebarkan segala sesuatu di media sosial. Masyarakat, tegasnya, harus mengecek lebih dulu kebenaran dari hal yang ingin diviralkan.

“Ini jadi pengalaman contoh. Kalau tidak benar jangan dilakukan (diviralkan),” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jumat (12/10/2018).

Terlebih, Argo menilai Augie sebagai artis yang seharusnya menjadi contoh kepada masyarakat untuk tidak asal membagikan informasi di dunia maya.

“Namanya publik figur malah harus punya etika. Harus patut jadi contoh,” tegas Argo.

Seperti diketahui, penetapan Augie sebagai tersangka setelah diduga menyebarkan unggahan tentang praktik percaloan oknum polisi di akun Instagram miliknya @augiefantinus.

Argo menegaskan tuduhan Augie tersebut tidak benar. Dua anggota tersebut itu bukan menjadi calo melainkan membantu rombongan SD Tarakanita membeli tiket.

“Setelah dibantu, sudah dapat tiket itu, dikasih ke SD Tarakanita, ternyata ada kelebihan lima tiket dari SD, kira-kira bisa di-refund, dikembalikan duitnya, kemudian anggota ke tiket box, anggota bawa lima untuk di-refund, ternyata enggak bisa,” terangnya.

Tanpa konfirmasi, Augie langsung datang dan merekam dua polisi yang tengah membawa tiket.

“Dia merekam, ngomong ke anggota 100 ribu (ditawar). Dijawabnya (oleh polisi) kan ‘enggak’. Setelah itu diviralkan sama Augie bahwa polisi calo tiket,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, Augie dikenakan Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 27 Ayat 3 UU ITE dan Pasal 310 Ayat (1) jo Pasal 311 KUHP. Dia diancam hukuman enam tahun penjara.

Editor: Risman Septian

Previous articleTak Bisa Disewa dan Dijual, Ini Syarat Dapatkan Rusunami DP 0 Rupiah
Next articleIni Prosedur Penghentian Pertandingan Akibat Sara, Politik, dan Hinaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here