Pakde Karwo Resmi Luncurkan Hari Pers Nasional 2019

Penandatangan MoU HPN 2019 oleh Ketua PWI Pusat, Atal S Depari dan Gubernur Jatim, Soekarwo dengan disaksikan Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, Menteri Kominfo, Rudiantara dan Ketua Panitia, Margiono, dalam acara Launching Hari Pers Nasional 2019 di Auditorium TVRI, Jakarta, Minggu (7/10/2018) malam

Jakarta, PONTAS.ID – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 mendatang yang dipusatkan di Jawa Timur menjadi momentum penguatan peran pers sebagai jembatan sekaligus ujung tombak “Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”

Hal itu diungkapkan Gubernur Jatim Soekarwo menanggapi tema HPN 2019, dalam acara Launching Hari Pers Nasional 2019 di Auditorium TVRI, Jakarta, Minggu (7/10/2018) malam.

Sosok yang akrab disapa Pakde Karwo ini meyakini pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis digital dapat terwujud dengan peran aktif pers.

Ia menyontohkan banyak peluang produk UKM yang berbasis rumah tangga dapat dipesan langsung oleh konsumen. “Home industry dapat langsung berhubungan dengan pembeli dengan sistim digital. Ini semakin memudahkan pemasaran produk-produk lokal,” katanya.

Soekarwo menunjukkan keberadaan pers di Jatim sangat mempengaruhi perkembangan dan kemajuan sektor usaha kecil dan menengah, terutama dalam menghadapi kemajuan zaman dan arus digitalisasi yang sangat pesat.

Dorong Kebijakan Pemerintah
Dari sisi pemerintah, menurutnya melalui kritik yang tajam dari pers, Pemerintah Jatim dapat bekerja dengan baik untuk membangun ekonomi kerakyatan berbasis digital yang selama ini dicita-citakannya.

“Di era serba digital ini, pemberitaan dari pers terkait daya saing UKM sangat diperhatikan. Sehingga kami akhirnya dapat berupaya dengan baik merumuskan kebijakan bagi sektor tersebut,” ujarnya.

Soekarwo tak lupa mengapresiasi kehadiran sejumlah media massa di Jatim yang turut menyajikan informasi penting terkait ekonomi kerakyatan.

Salah satu contohnya dengan menampilkan data terbaru harga dan pasokan bahan pakan ternak di pasar.  Upaya itu disebutnya sangat mempermudah para peternak dan pebisnis di sektor  peternakan untuk mendapatkan informasi penting terkait dengan bisnisnya secara realtime (terkini).

Di akhir sambutannya, Soekarwo mengingatkan pers untuk tidak tenggelam dalam euforia kebebasan informasi di era digital.

“Harapan saya kepada insan pers agar tetap menjunjung tinggi asas keberimbangan dalam memberitakan sebuah isu, dan tidak terjebak dalam berita-berita palsu atau hoaks. Hal itu penting bagi kami baik masyarakat maupun pemerintah selaku pembaca,” pungkasnya.

Diminati Tiga Provinsi
Sebelumnya, penentuan Jawa Timur sebagai tuan rumah HPN 2019 diputuskan dalam rapat pleno Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), pertengahan Mei lalu.

Ada tujuh parameter yang menjadi dasar penilaian Jawa Timur diputuskan menjadi tuan rumah, yaitu: 1.Komitmen pemerintah daerah; 2.Kesiapan, kekompakan, dan kemampuan PWI provinsi; 3.Animo sektor swasta;

Kemudian, 4.Lokasi puncak acara HPN 2019; 5.Lokasi Konvensi media massa; 6.Konektivitas/frekuensi penerbangan menuju Surabaya; dan 7.Keadaan kota Surabaya (kemacetan, kebersihan, kriminalitas).

Sebelum Jawa Timur diputuskan menjadi tuan rumah, ada dua provinsi lain yang juga berminat menyelenggarakan puncak peringatan HPN 2019, yaitu Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh Nanggroe Darussalam.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum rapat pleno memutuskan provinsi yang menjadi tuan rumah peringatan HPN terlebih dahulu dilakukan asesmen atau penilaian oleh tim asesmen.

Tim kemudian melaporkan dalam rapat pleno yang kemudian memutuskan provinsi mana yang ditetapkan sebagai tuan rumah HPN.

Sejumlah pemerintah provinsi selama ini sangat berminat menjadi tuan rumah peringatan puncak HPN. Banyak manfaat yang diperoleh daerah yang menjadi tuan rumah, baik yang berkaitan dengan pemberitaan atau promosi daerah maupun terkait pembangunan daerah tersebut.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Hendrik JS

Previous articlePemerintah Diminta Perbarui Data Pemilih TKI
Next articleMa’ruf Amin Dukung Penetapan 3 Oktober Sebagai Hari Anti-Hoaks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here