Asian Para Games 2018, Menpora Optimis akan Semeriah Asian Games

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengaku optimis bahwa gelaran Asian Para Games 2018 nanti pasti akan berlangsung meriah di Jakarta, sama seperti penyelenggaraan Asian Games 2018 yang lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Imam, dalam menanggapi kekhawatiran dari sejumlah pihak, yang memprediksi jika event olahraga disabilitas terbesar se-Asia tersebut tidak semeriah Asian Games yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 kemarin.

“Nanti judul beritanya bahwa kemeriahan Asian Games terulang di Asian Para Games,” kata Imam usai memimpin apel kesiapan pasukan pengamanan Asian Para Games, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).

Imam menambahkan, bahwa animo masyarakat Indonesia dalam menyambut penyelenggaraan Asian Para Games saat ini sangat tinggi. Hal itu tercermin dari kemeriahan pelaksanaan kirab obor beberapa waktu lalu.

“Animo masyarakat mulai dari torch relay kemarin di Solo itu sampai terakhir di Jakarta itu luar biasa, jutaan orang di pinggir jalan. Artinya jangan pernah khawatir, pasti penonton akan membeludak,” ujarnya.

Terlebih lagi, lanjut Imam, tiket upacara pembukaan Asian Para Games 2018 saja telah habis terjual. Hal ini, lanjut dia, juga menunjukkan besarnya animo masyarakat.

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis mengeluarkan maklumat jelang pelaksanaan Asian Para Games pada tanggal 6-13 Oktober 2018 mendatang, untuk menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami juga berharap mengimbau kepada masyarakat selama pelaksanaan Asian Para Games tidak melakukan demo, itu sudah tertuang di dalam maklumat kami. Kami berharap Jakarta benar-benar jadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan Asian Para Games ini,” ucap Idham.

Menurutnya, maklumat tersebut telah ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta, Pangdam Jaya, Kepala Kejaksaan Tinggi, dan Kepala Pengadilan Tinggi. Selain menerbitkan maklumat, Polda Metro Jaya juga menyiapkan tiga ribu personel pengamanan.

“Di samping itu selama sebulan ini kami telah melaksanakan operasi cipta kondisi, saya kira teman-teman sudah dengar kemarin dari Pak Wakapolri baik itu masalah teroris, narkoba, maupun kejahatan jalanan. Prinsip Polda Metro beserta Kodam dan Pemda siap melaksanakan pengamanan Asian Para Games,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) juga berharap suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 yang lalu dapat diikuti oleh kesuksesan Asian Para Games yang dalam waktu dekat akan segera digelar.

“Saya minta momentum penyelenggaraan Asian Games yang telah kita raih kemarin bisa dilanjutkan kembali pada penyelenggaraan Asian Para Games kali ini,” kata Jokowi dalam rapat terbatas membahas kesiapan penyelenggaraan Asian Para Games di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Oleh karena itu, Presiden meminta Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC), para menteri, dan lembaga terkait untuk terus mengecek perkembangan persiapan, mulai dari lapangan, pelayanan terhadap atlet disabilitas serta ofisial, hingga penutupan.

“Kita sebagai tuan rumah bisa memberikan pelayanan yang paling baik pada atlet serta ofisial yang datang dari negara-negara di Asia,” ujar Jokowi.

Untuk diketahui, Asian Para Games 2018 akan mempertandingkan 18 cabang olahraga. Cabang olahraga itu antara lain, panahan, lari, bulutangkis, bola gawang, catur, bersepeda, judo, menembak, renang, tenis meja, anggar, bola voli, dan bola basket.

Asian Para Games 2018 akan diikuti oleh 41 negara National Para Olimpic dengan total jumlah atlet sebanyak 2.800 orang, 1.800 orang official dan diliput oleh 500 media baik dalam ataupun luar negeri.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here