Bangkitkan Kejayaan TVRI, Begini Resep Helmi Yahya

Dirut TVRI, Helmi Yahya saat menjadi pembicara dalam Sarasehan Nasional "Pers Kebangsaan dan Pembangunan pada Era Digital" di Monumen Pers Surakarta, Kamis (27/9/2018)

Jakarta, PONTAS.ID – Direktur Utama Televisi Republik Indonesia (TVRI), Helmi Yahya mengaku selama sepuluh bulan kurang dua hari masa kepemimpinannya, TVRI perlahan tapi pasti mulai diminati pemirsa khususnya dari kalangan milenial.

Selain mendekatkan diri dengan jajaran atas hingga ke bawah untuk mengembalikan rasa percaya diri para pegawai TVRI, Helmi juga mengembalikan program-program unggulan TVRI yang lama dalam bentuk kekinian, untuk menarik perhatian kalangan milenial.

Hal ini disampaikan Helmi saat menjadi pembicara dalam Sarasehan Nasional “Pers Kebangsaan dan Pembangunan pada Era Digital” di Monumen Pers, Surakarta, Kamis (27/9/2018).

“Semua program unggulan TVRI jaman dulu kami hidupkan kembali dengan kondisi kekinian. Meski sebagai lembaga penyiaran publik milik negara, TVRI masih harus bekerja keras mengembalikan kejayaan yang sempat hilang,” kata Helmi.

Helmi juga mengakui TVRI saat ini masih memiliki tantangan berat untuk tetap bertahan sebagai TV Nasional, terlebih misi khusus yang diemban untuk mempersatukan Indonesia melalui media televisi, mulai dari Sabang hingga Merauke, dan dari Miangas hingga Pulau Rote.

Salah satu tantangan tersebut adalah soal minimnya anggaran yang diberikan kepada TVRI saat ini, “Setahun ini kami hanya mendapatkan anggaran dari APBN sebesar Rp 800 miliar. Angka ini sama dengan anggaran TV swasta selama dua minggu. Tapi kami tidak menyerah, kami tetap semangat,” tegas Helmi.

Tantangan berikutnya lanjut Helmi, adalah soal tenaga kerja TVRI saat ini, separuhnya akan segera memasuki usia pensiun. Di sisi lain, program-program yang kembali ditayangkan TVRI menyasar kalangan milenial.

Namun kondisi ini kata Helmi, tidak menyurutkan semangat jajaran TVRI mengembalikan kejayaan masa lalu, “Kami terus lakukan re-branding dengan mengajak generasi milenial,” pungkasya

Penulis:Pahala Simanjuntak
Editor: Hendrik JS

Previous articleTol Depok-Antasari Diresmikan Presiden Jokowi
Next articleJabodetabek Diprediksi Cerah Berawan Seharian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here