Taufik Bantah Kabar Kursi Wagub DKI Milik PKS

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Mohammad Taufik membantah kabar yang mengatakan bahwa kursi wakil gubernur (wagub) DKI, menjadi jatah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kursi wagub DKI pada saat ini memang masih mengalami kekosongan, pasca pengunduran diri Sandiaga Salahuddin Uno beberapa waktu lalu, karena hendak maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Taufik menegaskan, bahwa dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah tidak pernah menyebutkan adanya jatah untuk partai politik pengusung kepala daerah. Karena itu, dia berharap PKS berani melawannya di DPRD DKI Jakarta.

“Masak kursi wagub ada jatah-jatahnya. Baca saja undang-undang, ada jatah enggak? Diusulkan oleh partai pengusung, dipilih oleh DPRD, itu jelas. Jadi enggak ada tafsir lain, makanya kita tanding saja di DPRD,” kata Taufik di DPRD DKI, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Namun demikian dia menyampaikan, sebaiknya persoalan figur yang akan menemani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak perlu diramaikan. Sebab, semuanya tinggal menunggu usulan satu nama untuk melangkah ke Rapat Paripurna DPRD.

“Ini tinggal Partai Gerindra ngusulin satu nama, partai PKS ngusulin satu nama masing-masing kadernya sampai ke gubernur sampai ke DPRD selesai. Habis itu dilakukan paripurna pemilihan,” ujarnya.

Taufik mengakui jika namanya belum diajukan karena partainya baru menerima surat Keputusan Presiden (Keppres) pada hari ini. Sehingga, dirinya mengaku akan mengikuti proses yang ditetapkan untuk pengajuan diri sebagai calon wagub DKI.

“Kami kan berdasarkan surat itu dasar keputusan presiden bukan berdasarkan berita, bukan berdasarkan apa. Sebenarnya enggak mesti ribet kalau mau ikuti aturan sudah masing-masing partai apa,” tegas dia.

Editor: Risman Septian

Previous articleKemendag Pastikan Kehadiran Pengusaha Wakayama ke TEI 2018
Next articleTiga Laporan Taufik Terhadap KPU DKI Terus Berlanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here