LRT Fase 1 Hampir Rampung, Kelanjutan Fase 2 Dipertanyakan

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik mempertanyakan kelanjutan proses pembangunan moda transportasi light rail transit (LRT) fase 2, lantaran untuk LRT fase 1 pembiayaannya dinilai terlalu mahal.

Oleh karena itu, Taufik yang merupakan politikus asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini pun mengatakan bahwa pihak DPRD DKI pun akan segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) LRT, guna mendiskusikan pemanfaatan anggarannya.

Taufik katanya sudah mengajukan hal tersebut kepada Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi. Hal ini dilakukan agar skema pembiayaannya lebih jelas, akan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI atau pihak swasta.

“Fase 2, skema pembiayaannya seperti apa? Masih APBD atau enggak? Terus, fase 1 itu manfaatnya kayak apa? Kan cuma dari Kelapa Gading ke Velodrome, itu nanti kayak tempat rekreasi anak-anak. Itu mesti dikaji lah,” kata Taufik di DPRD DKI, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Bahkan, Taufik mengakui jika pembangunan LRT fase 1 tidak melibatkan DPRD untuk berkoordinasi. Menurutnya, anggaran yang dikucurkan untuk LRT sangat mahal dan tidak berkesinambungan dengan manfaatnya.

“Enggak (dilibatkan). Itu menurut saya pembangunan jalan termahal sedunia itu. Bahkan dunia akhirat malahan. Bayangkan saja Rp 1,1 triliun per kilometer,” ujarnya.

Untuk pembangunan fase 2, Taufik meminta agar semua pihak sama-sama mengkaji tentang kelayakan, pembiayaan, operator, kerja sama dan hal lain agar tidak menimbulkan ketimpangan anggaran.

“Ya kalau enggak jelas untuk apa, coret saja? Memang harus Pemda yang biayai 100 persen? Coba, nanti operatornya siapa gitu. Komunikasi? Ya iyalah buktinya ini nih jadinya fase 1, itu tempat main saya 15 menit sampai naik sepeda,” pungkasnya.

Untuk diketahui, LRT fase 1 koridor Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun sudah hampir rampung. Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI pun telah melakukan uji coba terbatas pada Rabu (12/9/2018) kemarin. Sehingga, fase 2 sebagai lanjutan yakni dari Velodrome sampai Tanah Abang akan segera dilakukan.

Editor: Risman Septian

Previous articlePembangunan Skybridge Tanah Abang, Hanya Setengah PKL Bisa Ditampung
Next articleArief Budiman Dirut Danareksa, Pahala Mansury Dirkeu Pertamina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here