Pendamping Rembuk RW Kini Dapat 150 Ribu Per Hari

Jakarta, PONTAS.ID – Pendamping rembuk RW di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini akan mendapatkan dana transport sebesar 150 ribu rupiah setiap harinya.

Hal tersebut diketahui setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengesahkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 81 Tahun 2018 tentang Satuan Biaya Khusus untuk kegiatan rembuk Rukun Warga dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah.

Pergub yang diundangkan pada 15 Agustus 2018 tersebut dapat diakses di jdih.jakarta.go.id. Dalam pasal 4 ayat 2 tertulis pemberian uang saku/transport kepada pendamping pada kegiatan rembuk RW dan Musrenbang sebesar Rp 150 ribu setiap hari.

Pendamping yang dimaksud tersebut tertuang dalam pasal 1 yaitu seseorang atau kelompok masyarakat dari unsur anggota masyarakat yang memiliki tugas melakukan asistensi atau pendampingan proses identifikasi permasalahan, penentuan kebutuhan dan perumusan usulan solusi permasalahan serta telah mendapatkan pelatihan dari fasilitator yang ditugaskan oleh Pemerintah.

Selanjutnya, untuk uang transport telah tertera di Pasal 3 bahwa uang tersebut diberikan kepada pendamping dalam kegiatan rembuk RW, Musrenbang kelurahan, Musrenbang kecamatan, Musrenbang kota atau kabupaten serta tingkat provinsi.

Untuk biaya transport tersebut, nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta suku badannya di tingkat kota ataupun kabupaten.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda DKI Jakarta, Subagyo enggan memberikan komentar mengenai adanya Pergub tersebut.

“Lagi nunggu Pergub-nya. Lagi rapat, saya belum,” kata Subagyo pada Selasa (28/8/2018).

Editor: Risman Septian

Previous articleDPR Targetkan Pengesahan RUU Ekonomi Kreatif Rampung Tahun Depan
Next articlePPP Tak Khawatir Aksi Gerakan #2019GantiPresiden

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here