BIFA 2018, BNI Syariah Raih The Most Innovative Sharia Product

Jakarta, PONTAS.ID – BNI Syariah meraih penghargaan The Most Innovative Sharia Product untuk Aplikasi Wakaf Hasanah, Hasanah Card dan Layanan Ibadah Sholat Tepat Waktu, dalam acara Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2018, yang digelar di Raffles Hotel, Jakarta, Senin (27/8/2018) kemarin.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo. Salah satu faktor penilaian adalah inovasi dalam produk dan layanan perbankan syariah, dimana BNI Syariah mendapat penghargaan dengan adanya inovasi-inovasi digital terbaru, yang merupakan implementasi dalam menghadapi tantangan digitalisasi saat ini.

Inovasi digital terbaru dari BNI Syariah tersebut yakni Aplikasi Wakaf Hasanah berupa aplikasi berbasis android dan websitewakafhasanah.bnisyariah.co.id untuk penyaluran wakaf yang dapat dilakukan setiap saat, dengan nominal yang tidak terbatas sesuai kemampuan nasabah. Pewakaf (wakif) pun dapat memilih sendiri objek wakaf yang diinginkan melalui 18 pengelola wakaf (nadzir) yang terpercaya.

Selain itu produk inovasi lainnya dari BNI Syariah yakni Hasanah Card, yang merupakan kartu pembiayaan yang berfungsi sebagai kartu kredit berdasarkan prinsip syariah, yaitu dengan sistem perhitungan biaya bersifat tetap, adil, transparan, dan kompetitif tanpa perhitungan bunga, yang diterima di seluruh tempat bertanda MasterCard dan semua ATM yang bertanda CIRRUS di seluruh dunia, yang diterbitkan oleh BNI Syariah dengan akad kafalah, qardh, dan ijarah.

“Keunggulan dari Hasanah Card adalah sesuai dengan tuntutan syariah, tidak mengandung riba, diterima di semua merchant Mastercard di seluruh dunia, serta tidak dapat digunakan pada merchant nonhalal,” kata Firman dalam siaran persnya, Selasa (28/8/2018).

Inovasi layanan BNI Syariah lainnya adalah Layanan Ibadah Sholat tepat waktu di seluruh outlet BNI Syariah, yang dilakukan sejak awal tahun 2017. Implementasi layanan ini adalah dengan menghentikan sejenak seluruh aktivitas operasional selama pelaksanaan ibadah sholat selama 15 menit, dimana BNI Syariah mempersilakan seluruh pegawai dan nasabah untuk dapat sholat berjamaah di mushola yang telah disediakan.

Penilaian dilakukan kinerja tahun 2017 dengan melalui sidang dewan juri independen, yang memiliki kapabilitas, integritas dan kredibilitas yang tinggi. Sehingga penilaian ditentukan dengan hasil parameter dan kriteria yang ketat.

Pada tahun ini, Harian Bisnis Indonesia kembali memberikan apresiasi kepada industri finansial di Indonesia melalui Malam Apresiasi BIFA 2018. Awarding yang diikuti dari berbagai sektor ini memiliki tujuan ingin mendorong perkembangan industri syariah, khususnya dalam dunia perbankan, asuransi dan multifinance di Indonesia untuk berkontribusi lebih banyak dan lebih besar dalam pembangunan perekonomian Negara, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“BNI Syariah sebagai satu-satunya bank syariah yang melakukan pengelolaan terhadap wakaf produktif dengan memfasilitasi masyarakat yang ingin mewakafkan harta benda miliknya untuk kepentingan umat sesuai dengan prinsip syariah, dengan layanan digital berbasis website dan aplikasi. BNI Syariah juga merupakan satu-satunya bank syariah yang memiliki kartu pembiayaan dengan sistem perhitungan biaya bersifat tetap, adil, transparan, dan kompetitif tanpa perhitungan bunga dengan berdasarkan akad-akad sesuai syariah,” jelas Firman.

Hingga saat ini, total wakaf yang terhimpun adalah sebesar Rp 6,7 miliar dengan total wakif sebanyak 6.417 wakif. Wakaf Hasanah dikelola oleh 18 nazhir yang terpecaya dengan total project sebanyak 37 project. Sedangkan untuk Hasanah Card, total pencapaian hingga Bulan Juli 2018 adalah sebesar Rp 392 miliar, dimana jumlah tersebut telah melampaui target yang telah ditentukan sebesar Rp 330 miliar atau sebesar 118 persen.

“Layanan Ibadah Sholat Tepat Waktu adalah bentuk berkomitmen BNI Syariah dalam menjalankan Hasanah Way dan Hasanah Banking Partner. BNI Syariah senantiasa berusaha untuk terus menerus bertransformasi kearah yang lebih baik dengan niat untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan (Hasanah) yang tidak terputus dunia dan akhirat. Semoga BNI Syariah selalu istiqomah dalam melakukan yang terbaik dan optimal bagi nasabah,” tutup Firman.

Editor: Risman Septian

Previous articleKomisi I Pesimis RUU PDP Belum Masuk Data Prolegnas
Next articleStop Mafia Pangan, Program BULOG Harus Berbasis Primer Koperasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here