BNPB: Banyak Negara Tawarkan Bantuan untuk Gempa Lombok

Gempa 6,4 SR di Laut Lombok Minggu Pagi.

Jakarta, PONTAS.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut beberapa negara menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Indonesia terkait dengan Gempa 7 Skala Richter di Lombok, Nusa Tenggara, Minggu lalu.

Kepala Informasi Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan berdasarkan koordinasinya dengan Kementerian Luar Negeri, negara yang telah menawarkan bantuan kemanusiaan di antaranya, Australia, Malaysia, Singapura dan Taiwan.

“Kemudian negara-negara di kawasan ASEAN yang dikoordinir oleh AH center, telah menyampaikan untuk memberikan bantuan sebagai panggilan kemanusian, sebagai rasa solidaritas kepada pemerintah Indonesia,” terang Sutopo, Rabu (8/8/2018).

Pemerintah, kata dia, menerima dengan tangan terbuka apabila ada negara-negara yang ingin menyampaikan bantuan kepada Indonesia. Pihaknya, kata dia, juga bakal menyeleksi bantuan-bantuan yang diterima dari negara lain agar tepat guna dan tepat sasaran bagi para korban.

“Karena selama ini pemerintah Indonesia begitu cepatnya memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara yang terkena bencana, kalau ada negara lain yang ingin membantu, kita welcome, silakan,” terang Sutopo.

“Dan hal ini dikoordinir oleh Kemenlu bersama BNPB, ada mekanismenya, tidak bisa luar negeri langsung nyelonong ke wilayah indonesia, ada prosedur-prosedur yang harus diikuti,” tambah Sutopo.

Kendati begitu, kata Sutopo, hingga saat ini pemerintah Indonesia belum menyampaikan permintaan bantuan internasional untuk penanganan gempa di Lombok, NTB

Pasalnya, ujar Sutopo, potensi nasional untuk menangani bencana gempa di Lombok masih sangat cukup. Ia menyatakan pemerintah Indonesia masih mampu untuk menangani dampak gempa hingga ke proses pemulihan.

“Baik personel, pendanaanya, materialnya, semuanya cukup,” terang Sutopo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here