MUI Segera Bahas Status Halal Vaksin MR

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Ma’ruf Amin memastikan, pihaknya sedang membahas persoalan pro kontra mengenai vaksin Measles dan Rubella (MR).

“Kami sedang membicarakannya. Insya Allah tidak ada masalah krusial soal itu,” ujar Ma’ruf, Kamis (2/8/2018).

Ma’ruf sekaligus membenarkan bahwa MUI belum memberikan vaksin itu dengan label halal.

Meski demikian, Ma’ruf mengatakan bahwa meskipun belum diberikan label halal, sebuah obat atau vaksin tetap dapat digunakan masyarakat dengan metode yang lain.

“Kalau ada obat, vaksin, tapi dia tidak halal, tapi tidak ada yang lain lagi dan itu diperlukan, kan ada caranya untuk tetap bisa digunakan,” ujar Ma’ruf.

Meski belum diketahui apa solusi terkait pro kontra vaksin tersebut, Ma’ruf memastikan akan juga berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan guna mencari jalan keluarnya.

Diberitakan, Indonesia secara serentak menggelar kampanye Measles dan Rubella (MR), Rabu ini. Meski demikian, penolakan sejumlah orangtua murid mewarnai kampanye ini.

Salah satunya terjadi di MTS Negri 1 Balikpapan. Dr.Esther Vonny K, MMR, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mengatakan bahwa MR atau vaksin campak untuk memberi perlindungan manusia terhadap campak.

Previous articleJabodetabek Bakal Cerah Hari Ini
Next articlePotret Perempuan Kepala Daerah Terpilih di Pilkada 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here